Gunakan MUT, Kementerian PUPR Jamin Tak Akan Ada Kabel 'Keleweran' di IKN Nusantara

Gunakan MUT, Kementerian PUPR Jamin Tak Akan Ada Kabel 'Keleweran' di IKN Nusantara

multi-utility tunnel tengah di bangun di IKN Nusantara-Satgas IKN-

IKN Nusantara - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjamin tidak akan ada kabel utilitas "keleweran" di atas tanah, di IKN Nusantara. 

Hal itu disampaikan Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga, dalam cara pressbackground di Media Center Kementerian PUPR, Jumat 18 Agustus 2023 kemarin. 

Danis mengungkapkan, untuk kabel dan utilitas di IKN Nusantara nantinya menggunakan multi-utility tunnel (MUT), yang merupakan inovasi infrastruktur Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT). 

MUTT tersebut, kata Danis, nantinya dapat ditiru oleh kota-kota lain di Indonesia. 

"MUT merupakan kebijakan pemerintah untuk membuat kegiatan di IKN lebih baik dan bisa dicontoh oleh kota-kota lainnya di Indonesia," Danis.


Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

Danis mengatakan bahwa MUT dibangun di bawah jalan utama dan dibagi menjadi tiga kompartemen. Pembangunan MUT di IKN ini juga disatukan dengan saluran drainase jalan. Setiap bagian kompartemen MUT tersebut memiliki tinggi sekitar 2,2 meter dan dapat dimasuki oleh dua orang dewasa.

BACA JUGA:

Dengan demikian, pembangunan MUT di IKN Nusantara bisa ditiru oleh kota-kota lainnya, karena jaringan kabel dan perpipaan bisa dipindahkan ke infrastruktur utilitas tersebut. Selain jaringan kabel dan perpipaan, MUT tersebut juga dilengkapi dengan jaringan gas.

"Intinya adalah bagaimana menjamin agar utilitas menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat seperti tidak ada lagi pengendara motor yang terjerat kabel," kata Danis.


multi-utility tunnel di IKN Nusantara, sebagai tempat untuk kabel utilitas hingga pipa air minum-Satgas IKN-

Hal ini tentunya menjadi standar pembangunan, karena tidak ada lagi pemasangan kabel di udara untuk IKN Nusantara atau tumpukan pipa di bawah tanah secara tidak rapih. MUT merupakan salah satu inovasi yang dibangun pemerintah untuk mewujudkan IKN sebagai kota modern.

MUT, kata Danis, merupakan investasi jangka panjang yang dapat memberikan kesempatan dalam melakukan penataan kota menjadi efektif dan efisien. Pembangunan MUT merupakan kebijakan pemerintah untuk membuat kegiatan di IKN lebih baik dan diharapkan bisa diikuti oleh kota-kota lainnya di Indonesia.

Pembangunan IKN sebagai ibu kota negara Indonesia dimulai dari nol, sehingga kebijakan-kebijakan pembangunannya disusun dan dimatangkan dengan baik, salah satunya adalah pembangunan MUT untuk utilitas.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: