Jokowi vs PDIP, Kapan Kepala BIN Budi Gunawan dan Seskab Pramono Anung Diganti?

Jokowi vs PDIP, Kapan Kepala BIN Budi Gunawan dan Seskab Pramono Anung Diganti?

Kepala BIN Budi Gunawan dan Seskab Pramono Anung-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Kabar adanya pergantian pejabat negara di lingkungan Istana berhembus kencang. Isu yang beredar, pejabat yang bakal diganti adalah adalah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan (BG) dan Seskab Pramono Anung.

Seperti diketahui, Budi Gunawan orang dekat Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Saat Megawati menjabat presiden ke-5, Budi Gunawan adalah salah satu ajudannya.

Begitu pula dengan Seskab Pramono Anung. Mantan Sekjen DPP PDIP tersebut selama ini dikenal sebagai loyalis Megawati.

Buktinya, pada Rabu, 25 Oktober 2023 kemarin, Pramono Anung terlihat mengikuti rapat bersama Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Megawati Soekarnoputri dan dihadiri oleh seluruh anggota TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

BACA JUGA:


Presiden Jokowi dan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati soekarnoputri-Sekretariat Presiden-twitter

Sebagai kader PDIP, Pramono Anung wajib ikut aturan dan arahan partai. Yaitu memenangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pilpres 2024 nanti. 

Artinya soal capres-cawapres, Pramono Anung sudah berbeda jalan dengan Presiden Jokowi dan keluarganya.

Dimana Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep dan Bobby Nasution kini berada di kubu Prabowo Subianto. 

Rumornya, pergantian Budi Gunawan dan Pramono Anung ini diduga ada kaitan dengan ketegangan antara Jokowi vs PDIP pasca Gibran Rakabuming resmi menjadi cawapres Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang. 

Belum ada penjelasan resmi dari pihak istana soal kabar pergantian Budi Gunawan dan Pramoni Anung. Isu yang santer beredar posisi Budi Gunawan sebagai Kepala BIN akan diganti oleh mantan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurrachman. 

Pramono Anung sendiri membantah ada ketegangan antara Jokowi dan Megawati. Menurutnya, hubungan Jokowi - Megawati baik-baik saja.

"Hubungannya baik-baik saja, cerah ceria. Rumor yang beredar itu gak benerlah," kata Pramono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 25 Oktober 2023. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: