Beredar Isu: Kepala BIN Budi Gunawan Diganti, Siapa Penggantinya?

Beredar Isu: Kepala BIN Budi Gunawan Diganti, Siapa Penggantinya?

Beredar isu Kepala BIN Budi Gunawan diganti-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan (BG) dikabarkan bakal diganti. Sudah jadi rahasia umum, BG adalah orang dekat Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Diduga pergantian Budi Gunawan ini ada kaitan dengan ketegangan antara Jokowi vs PDIP pasca Gibran Rakabuming resmi dipilih sebagai cawapres Prabowo Subianto. 

Belum ada penjelasan resmi dari pihak istana soal kabar pergantian Budi Gunawan. Selain itu, belum juga diketahui siapa yang nanti akan menggantikan posisi BG di kursi Kepala BIN. 

Tak hanya soal pergantian Kepala BIN. Rumornya Menko Polhukam Mahfud MD juga diisukan akan mengundurkan diri. Konon, yang akan jadi Menko Polhukam adalah Yusril Ihza Mahendra. 

Sebelumnya, ada salah satu netizen yang menyebut Yusril akan dilantik sebagai Menko Polhukam pada hari Senin. Namun, menurut Yusril itu tidak benar. 

"Ya gak benerlah. Mosok saya dilantik jadi Menko Polhukam hari Senin. Lha, Pak Mahfudnya baru mundur hari Kamis. Ada 2 Menko dong. Gimana sih. Pasti ngawur deh.. Ha..ha cuma rumors doang. Kabar angin bin kabar burung hehehe...," cuit Yusril seperti dikutip fin.co.id dari akun @Yusrilihza_Mhd pada Selasa, 24 Oktober 2023. 

BACA JUGA:

Yang pasti, dalam waktu dekat Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet. Posisi yang kosong yaitu Menteri Pertanian disebut-sebut akan ditempati oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).


7 Menteri PDIP diisukan mundur dari Kabinet Indonesia Maju-fin-Setpres-

7 Menteri PDIP Diisukan Mundur dari Kabinet 

Sebelumnya, sebanyak 7 menteri dari PDIP diisukan bakal mundur dari Kabinet Indonesia Maju. Kabarnya, ini terkait sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berseberangan dengan PDIP.

Terlebih, Jokowi secara lugas merestui anaknya Gibran Rakabuming maju sebagai Cawapres Prabowo Subianto.

Konon kabarnya, PDIP akan menarik keluar 7 menteri yang saat ini duduk di kabinet pemerintahan Jokowi - Makruf Amin. 

  1. Yasonna H. Laoly (Menteri Hukum dan HAM)
  2. Tri Rismaharini (Menteri Sosial) 
  3. Abdullah Azwar Anas (Menpan RB) 
  4. I Gusti Ayu Bintang Darmawati (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) 
  5. Pramono Anung Wibowo (Sekretaris Kabinet)
  6. Teten Masduki (Menteri Koperasi)
  7. Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR) 

BACA JUGA:

Terkait isu tersebut, Ketua DPP PDIP Puan Maharani tidak mau berkomentar panjang lebar. Alasannya, kabar tersebut hanya isu. "Itu hanya isu ya. Hanya isu," tegas Puan. 

Menurut Ketua DPR RI ini, jabatan menteri hak prerogatif Presiden. Tugas menteri adalah membantu Presiden dalam menjalankan tugasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: