Siswa SMP Tewas Tenggelam Saat Ikuti MPLS, Bupati Ancam Pecat Kepala Sekolah

Siswa SMP Tewas Tenggelam Saat Ikuti MPLS, Bupati Ancam Pecat Kepala Sekolah

Ilustrasi: Proses pencarian korban tenggelam aliran kali bekasi-Dokumen Istimewa-

Siswa SMP Negeri 1 Ciambar tewas tenggelam akibat tenggelam di Sungai Cileuluy, Kampung Selaawigirang, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi pada Sabtu, 22 Juli 2023

MA tenggelam dan meninggal ketika mengikuti kegiatan lintas alam dan makan bersama yang diselenggarakan pihak sekolahnya dalam program masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

Atas kejadian itu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengancam memecat Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Ciambar jika terbukti lalai. 

BACA JUGA:

"Jika benar terjadi saat MPLS dan pihak sekolah mengabaikan prosedur keselamatan pelajar, maka kami tidak segan memecat Kepala SMPN 1 Ciambar dari jabatannya," katanya saat ditemui wartawan di Sukabumi, Senin 24 Juli 2023.

Menurut Marwan, untuk mengungkap kejadian tewasnya MA , pihaknya telah membentuk tim investigasi yang melibatkan pihak kepolisian.

Jika nanti hasil investigasi, ditemukan adanya kelalaian dan prosedur yang diabaikan maka orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi tersebut akan langsung memberikan sanksi pemecatan dari jabatan sebagai kepala sekolah.

BACA JUGA:

Dia mengatakan, pihaknya tidak menginginkan kejadian ini terulang kembali.

Dia juga mengimbau kepada seluruh sekolah agar kasus tersebut menjadi pelajaran dan perhatian. 

Diharapkan agar semua sekolah saat melakukan kegiatan sekolah di luar lingkungan sekolah, harus benar-benar mengawasi dan memastikan keselamatan seluruh pelajar yang mengikuti kegiatan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, Jujun Juaeni membantah bahwa MA pelajar kelas VII SMPN 1 Ciambar mengalami tenggelam dan akhirnya meninggal dunia saat mengikuti kegiatan MPLS, alasannya MPLS di sekolah tersebut berakhir pada Jumat, 21 Juli 2023.

Namun dirinya tidak membantah bahwa kegiatan lintas alam dan makan bersama pada Sabtu (22/7), atau sehari setelah MPLS ditutup merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh SMPN 1 Ciambar. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: