Begini Ciri-Ciri Kucing Terkena Rabies, Waspada!

Begini Ciri-Ciri Kucing Terkena Rabies, Waspada!

Ilustrasi - Kucing Persia Long Hair-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

BACA JUGA:

Penularan rabies juga bisa terjadi melalui cakaran hewan, meskipun kasus ini cukup jarang terjadi. Jika kamu tergigit atau tercakar oleh kucing dan menyebabkan luka, segera hubungi dokter. Tindakan medis yang cepat dapat mengurangi risiko penyebaran virus dan komplikasi yang tidak diinginkan.

Salah satu indikasi adanya infeksi rabies pada kucing adalah adanya tanda-tanda gigitan hewan pada tubuhnya. Apabila kucing mengalami luka akibat diserang oleh hewan lain, tindakan terbaik yang dapat dilakukan adalah membawanya ke dokter hewan terdekat.

Biasanya dokter hewan akan memberikan pertolongan pertama dan menyuntikkan vaksin rabies. Selanjutnya, kucing akan diisolasi dan diamati untuk mengidentifikasi gejala dan perkembangan kesehatan selanjutnya.

Ciri-ciri Kucing Rabies:

1. Perubahan Perilaku

Perubahan perilaku dapat menjadi tanda adanya infeksi rabies pada kucing. Kucing peliharaan yang biasanya tenang dapat menjadi sangat aktif atau gelisah. Sementara itu, kucing yang biasanya ekstrovert dapat menjadi lebih dingin dan cenderung menghindar.

2. Lebih Sensitif

Salah satu tanda lainnya adalah kucing yang terinfeksi rabies menjadi lebih sensitif. Mereka bisa menjadi lebih agresif ketika ada orang atau hewan mendekat. Selain itu, kucing tersebut juga dapat menjadi lebih agresif terhadap hewan lain dan pemiliknya sendiri.

3. Keluarnya Lendir dari Mulut

Rabies dapat menyebabkan rasa sakit, termasuk pada otot-otot mulut kucing. Hal ini membuat mereka kesulitan mengendalikan air liur mereka. Salah satu gejala yang sangat mencolok pada kucing yang terinfeksi rabies adalah seringnya mengalirnya air liur. Bahkan, dalam kondisi yang parah, mulut kucing dapat mengeluarkan busa.

4. Kelemahan dan Kelumpuhan

Ciri-ciri terakhir dari kucing yang terinfeksi rabies adalah mereka tampak sangat lemah. Infeksi rabies pada kucing menyebabkan kehilangan kendali atas otot-otot tubuh. Akibatnya, kucing tersebut mengalami kelemahan, bahkan dapat masuk dalam keadaan koma dan berujung pada kematian.

Demikianlah penjelasan mengenai rabies pada kucing dan ciri-ciri kucing yang terinfeksi rabies. Kini saatnya untuk menjaga kesehatanmu dan kesayangan kucingmu. Jangan lupa memberikan perhatian ekstra pada hewan peliharaanmu dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: