Hanan Attaki Baiat ke NU, Ustaz Sanusi: Itu Bid'ah

Hanan Attaki Baiat ke NU, Ustaz Sanusi: Itu Bid'ah

Ustadz Hanan Attaki dibaiat jadi warga NU-NU Jatim-

Hanan Attaki Baiat ke NU, Ustaz Sanusi: Itu Bid'ah- Ustaz Hanan Attaki belum lama resmi menjadi warga Nahdatul Ulama (NU).

Proses menjadi warga NU dilakukan dengan ucapan sumpah baiat yang dipandu oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Dr KH Marzuki Mustamar, pada Kamis malam 11 Mei 2023.

Menurut Ustaz Zulqarnain Muhammad Sanusi, baiat untuk sebuah organisasi adalah perkara Bid'ah. Bi'dah sendiri memiliki arti sesuatu yang diada-adakan dalam ibadah yang tidak ada tuntunan dari Rasulullah dan para sahabatnya. 

"ya ngga diragukan itu ciri dari ahlul bidah, itu ciri di masa sekarang," ujar ustaz Ustadz Zulqarnain Muhammad Sanusi dilansir fin dari video ceramahanya yang diunggah oleh akun Instagram @Sahabatsunnahsemarang, Sabtu 20 Mei 2023. 

Menurut Ustaz Sanusi, baiat dalam islam itu hanya diperbolehkan untuk kepala negara atau seorang pemimpin pasukan perang. 

BACA JUGA:Ustadz Hanan Attaki Baca Syahadat Saat Dibaiat jadi Warga NU, Begini Penjelasan PBNU

BACA JUGA:Ustdaz Hanan Attaki Dibaiat Jadi Warga NU!

BACA JUGA:Pemkab dan Ansor NU Tolak Ceramah Hanan Attaki di Jember

"Ikatana loyalitas kepada selain kepala negara itu tidak diperbolehkan," katanya.

Baiat itu hanya untuk kepala negara saja, tidak ada baiat untuk selain kepala negara. Baiat untuk kepala negara atau kepada pimpinan pasukan itu tidak masalah," sambung dia. 

Dia mengatakan bahawa, baiat kepada organisasi tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullan dan para sahabatnya.

"Kalau baiat untuk selain kepala negara, itu masuk dalam bidah. Itu tidak pernah di kenal di kalangan sahabat, tabi'it, taibiin," ujarnya.

Sebelumnya, proses bai'at Hanan Attaki itu digelar dalam acara Halal Bihalal 1444 Hijriyah Keluarga Besar Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek sekaigus haul KH Ahmad Noer, KH Mustamar, dan KH Murtadho Amin.

Dilansir dari situs NU Jatim, kiai Marzuki secara gamblang membimbing Ustadz Hanan Attaki menyampaikan baiat NU. Kemudian diikuti Ustadz Hanan Attaki dengan disaksikan seluruh jamaah yang hadir.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: