Banser Obrak-Abrik dan Bubarkan Pengajian Ustad Syafiq Basalamah di Surabaya

Banser Obrak-Abrik dan Bubarkan Pengajian Ustad Syafiq Basalamah di Surabaya

Ustad Syafiq Basalamah--Instagram

FIN.CO.ID- Barisan Ansor alias Banser Nahdatul Ulama (NU) membubarkan secara paksa pengajian yang diisi oleh Ustad Syafiq Basalamah di Masjid Assalam Purimas, Surabaya. 

Lewat video yang beredar di media sosial, jamaah yang telah memadati masjid untuk mendengar kajian sunnah Ustad Syafiq, diobrak abrik oleh beberapa orang yang masuk dengan pakaian loreng banser. 

Salah seorang nampak terlihat mengamuk sambil menunjuk-nunjuk ke arah jamaah dan meminta kajian dibubarkan. 

BACA JUGA:

Demi menjaga situasi tetap kondusif, kajian tersebut terpaksa dibubarkan. Atas peristiwa tersebut, Ustad Syafiq lantas meminta maaf kepada jamaahnya. 

"'Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, jemaah rahimakumullah buat teman-teman yang udah di Masjid Salam. Ana berangkat tadi jam 1 udah nyampek sebelum maghrib dengan harapan bisa isi kajian. Tapi ternyata takdir Allah berkata lain. Maka ana mohon maaf atas ketidaknyamanan ini buat teman-teman semuanya," ujar sang Ustad saat hendak meninggalkan lokasi kajian seperti diunggah di aku   @syafiqrizabasalamah_official, dikutip pada Jumat 23 Februari 2024.

BACA JUGA:

"Tapi yang jelas langkah antum ke rumah Allah capek, lelah, dan detik-detik yang antum luangkan untuk hadir di kajian itu akan ditulis pahala buat antum InsyaAllah. Dan semoga diangkat derajat antum dan diantarkan ke surga Allah. InsyaAllah kita bertemu di lain waktu dan semangat Ya Ramadhan udah deket semoga Allah menyampaikan kita ke bulan Ramadhan dan semoga Allah berikan hidayah kepada teman-teman kita yang masih mungkin belum paham. Berbaik sangka kepada mereka," imbuhnya. 

Sementara itu, GP Ansor menjelaskan, alasan membubarkan kajian ustad Syafiq karena pemahamannya yang disebut radikal. 

Berikut keterangan lengkap PAC GP Ansor Gunung Anyar:

GUNUNG ANYAR TOLAK HTI !!

PAC GP Ansor Kecamatan Gunung Anyar keberatan atas acara Tablik Akbar di masjid Assalam Purimas Kota Surabaya.

Ustadz Riza Syafiq Hasan Basalamah terindikasi radikal, sedangkan wilayah gunung anyar merupakan lumbung pesantren gudangnya ulama dengan karakter nahdliyin, pasti akan memunculkan konflik dan riak-riak di masyarakat maka dari itu kita perlu melakukan penolakan secara dini karena dapat mengganggu keharmonisan di wilayah gunung anyar.

Bukan persoalan figurnya tapi karena persoalan prinsipnya dalam berdakwah karena dia menghakimi golongan lain. Ceramahnya bertentangan dengan aswaja yang dianut masyarakat kecamatan gunung anyar. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: