Alasan Banser Bubarkan Pengajian Ustad Syafiq Basalamah: Ceramahnya Provokatif dan Adu Domba

Alasan Banser Bubarkan Pengajian Ustad Syafiq Basalamah: Ceramahnya Provokatif dan Adu Domba

Video Banser Rapatkan Barisan Bikin Geger--Twitter/@ruhulmaani

FIN.CO.ID- Barisan Serbaguna Nahdatul Ulama atau Banser NU mengungkapkan alasan membubarkan pengajian yang diisi oleh Ustad Syafiq Riza Basalamah di Masjid Purimas Surabaya pada Kamis 22 Februari 2024.

Banser Anak Cabang Gunung Anyar Kota Surabaya mengungkapkan, mereka keberatan dengan kehadiran Ustad Syafiq Basalamah karena ceramahnya dinilai cenderung memuat ujaran kebencian dan memecah bela kerukunan umat beragama. 

"Ceramah bersifat provokatif dan Adu Domba. Ceramah Cenderung menimbulkan ujaran kebencian dan dapat memecah belah kerukunan umat Islam khususnya di wilayah Kecamatan Gunung Anyar" ujar Ketua Banser Cabang Gunung Anyat Kota Surabaya, Asyiku Nahdi lewat keterangan tertulis, dilansir pada Jumat 23 Februari 2024.

BACA JUGA:

Nahdi mengatakan, Banser NU tidak anti dengan pengajian yang diselenggarakan, namun mereka keberatan dengan dakwah yang dibawa oleh Ustad Syafiq. 

"Pada dasarnya kami bukan anti pengajian yang diselenggarakan oleh siapa pun di mana pun, namu kami sangat keberatan dengan dakwa Syafiq Riza Hasan Basalamah yang dapat menimbulkan keresahan pada masyarakat kita" katanya. 

Sebelumnya, lewat video yang beredar di media sosial, jamaah yang telah memadati masjid untuk mendengar kajian sunnah Ustad Syafiq, diobrak abrik oleh beberapa orang yang masuk dengan pakaian loreng banser. 

Salah seorang nampak terlihat mengamuk sambil menunjuk-nunjuk ke arah jamaah dan meminta kajian dibubarkan. 

Demi menjaga situasi tetap kondusif, kajian tersebut terpaksa dibubarkan. Atas peristiwa itu, Ustad Syafiq lantas meminta maaf kepada jamaahnya. 

BACA JUGA:

"'Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, jemaah rahimakumullah buat teman-teman yang udah di Masjid Salam. Ana berangkat tadi jam 1 udah nyampek sebelum maghrib dengan harapan bisa isi kajian. Tapi ternyata takdir Allah berkata lain. Maka ana mohon maaf atas ketidaknyamanan ini buat teman-teman semuanya," ujar sang Ustad saat hendak meninggalkan lokasi kajian seperti diunggah di aku @syafiqrizabasalamah_official, dikutip pada Jumat 23 Februari 2024.

"Tapi yang jelas langkah antum ke rumah Allah capek, lelah, dan detik-detik yang antum luangkan untuk hadir di kajian itu akan ditulis pahala buat antum InsyaAllah. Dan semoga diangkat derajat antum dan diantarkan ke surga Allah. InsyaAllah kita bertemu di lain waktu dan semangat Ya Ramadhan udah deket semoga Allah menyampaikan kita ke bulan Ramadhan dan semoga Allah berikan hidayah kepada teman-teman kita yang masih mungkin belum paham. Berbaik sangka kepada mereka," imbuhnya. (*) 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: