Kapan Awal Puasa Ramadan 2024? Ini Versi Muhammadiyah, Pemerintah dan NU

Kapan Awal Puasa Ramadan 2024? Ini Versi Muhammadiyah, Pemerintah dan NU

Bulan Ramadan tinggal hitungan hari, Sumber foto: google --

FIN.CO.ID – Kapan jadwal puasa 2024? Sebelum menjawab pertanyaan itu, perlu dipahami bahwa ada perbedaan metode penentuan awal Ramadan antara dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, yakni PP Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama NU).

Muhammadiyah biasanya menggunakan medote hisab dalam menentikan awal Puasa Ramadan. Sementara Pemerintah dan NU biasanya menggunakan metode Rukyat atau pemantauan hilal dengan teropong. 

1. Versi Muhammadiyah

Muhammadiyah sudah lebih dahulu menentukan 1 Ramadan 2024. Ini tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 H yang terbit pada Januari 2024.

Berdasarkan maklumat tersebut, Muhammadiyah menetapkan bahwa 1 Ramadan 1445 H jatuh pada Senin, 11 Maret 2024.

"Di wilayah Indonesia, tanggal 1 Ramadan 1445 H jatuh pada hari Senin Pahing, 11 Maret 2024 M," tertulis pada maklumat tersebut di website resmi Muhammadiyah, Sabtu (9/3).

Adapun penetapan awal Ramadan oleh Muhammadiyah itu dilakukan berdasarkan metode Hisab Wujudul Hilal Hakiki.

Sebagai informasi, Hisab Hakiki merujuk pada metode hisab yang berpatokan pada gerak benda langit, khususnya matahari dan bulan faktual (sebenarnya).

BACA JUGA:

2. Versi Pemerintah

Penetapan awal Ramadan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag), umumnya ditentukan dalam sidang isbat. Kegiatan ini penting untuk memberi kepastian pelaksanaan ibadah kepada masyarakat.

"Sidang Isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah," papar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin di situs resmi Kemenag, Sabtu 9 Maret 2024.

Masih dari situs resmi Kemenag, sidang isbat penentuan awal Ramadan 1445 H akan diadakan pada Minggu, 10 Maret. Berikut jadwal selengkapnya:

Hari/Tanggal: Minggu, 10 Maret 2024

Jam: mulai pukul 17.00 WIB

Lokasi: Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat

Namun, apabila melihat Kalender Hijriah Indonesia tahun 2024 yang diterbitkan Kemenag RI, 1 Ramadan 1445 H/2024 diprediksi jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

3. Versi NU

Awal Ramadan versi Nahdlatul Ulama (NU) biasanya akan mengikuti Pemerintag. Namun, NU juga akan melakukan rukyatul hilal atau pemantauan hilal oleh Lembaga Falakiyah (LF) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Dilansir situs resmi NU Online, pemantauan hilal dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 10 Maret 2024, atau bertepatan dengan 29 Syakban 1445 H.

"Tanggal 10 Maret hari Ahad Legi," terang Ketua LF PBNU, KH Sirril Wafa.

Meski begitu, KH Sirril Wafa memprediksi jika 1 Ramadhan 1445 H/2024 M versi NU akan jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

"Jadi langkah ikmal/istikmal Syakban sebagaimana tertulis di almanak PBNU sudah benar. Insyaallah fix 1 Ramadhan 1445 H bertepatan dengan 12 Maret 2024 M," terangnya di laman NU Online Jombang, Sabtu (9/3).

Nantinya, rukyatul hilal awal Ramadan 2024 bakal dilakukan di 50-60 titik di seluruh Indonesia, mulai dari zona barat, tengah, dan timur.

Dalam menetapkan awal bulan suci tersebut, LF PBNU menerapkan kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) yang juga dipakai pemerintah.

4. Versi An-Nadzir

An-Nadzir merupakan salah satu aliran ajaran Islam yang ada di Gowa, Sulawesi Selatan. Jumat 8 Maret, jamaah An-Nadzir telah menetapkan jadwal awal puasa Ramadhan 2024.

Melalui press release Penetapan 1 Ramadhan 1445 H/2024 M Jamaah An-Nadzir Gowa Sulawesi Selatan Indonesia, dijelaskan bahwa An-Nadzir memiliki metode sendiri dalam menetapkan bulan baru Hijriah. Ilmu metodologi yang digunakan merupakan hasil pengajaran dari Guru dan Imam KH Syamsuri Abdul Madjid.

Merujuk pada hasil pemantauan yang telah dilakukan, jamaah An-Nadzir menetapkan awal Ramadhan jatuh pada hari Senin, 11 Maret. Dengan demikian, jamaah An-Nadzir akan mulai berpuasa pada tanggal tersebut.

"Jamaah An-Nadzir mulai puasa pada hari Ahad, 10 Maret 2024 M dengan niat menyambut datangnya Ramadhan 1445 H. Artinya, kita dalam keadaan berpuasa kemudian Ramadhan masuk yang ditandai dengan terjadinya pergantian bulan/new moon/konjumgsi dari bulan Sya'ban ke Ramadhan 1445 H. Namun niat puasa 1 Ramadhan penuh terhitung mulai pada hari Senin, 11 Maret 2024 M," ujar Pimpinan Jamaah An-Nadzir Gowa, Ustaz H M Samiruddin Pademmui melalui keterangan tertulis, Jumat (8/3).

 

 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: