Ada Dukungan PMN Dari Pemerintah, Ini Progres Terbaru Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru Milik HK

Ada Dukungan PMN Dari Pemerintah, Ini Progres Terbaru Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru Milik HK

Proses pembangunan JTTS Ruas Bangkinang - Koto Kampar yang dikerjakan Hutama Karya-Istimewa-Hutama Karya

BACA JUGA:

Sementara, akselerasi progres pengadaan lahan khususnya di jalan tol Seksi Padang - Sicincin dilakukan dengan sejumlah strategi seperti berkoordinasi dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah, Kantor Wilayah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai Panitia Pengadaan Tanah (P2T), dan Tim Percepatan yang diketuai oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, Pemerintah Kab. Padang Pariaman, serta stakeholder lainya terkait dengan percepatan pengadaan tanah di lokasi-lokasi prioritas untuk dikerjakan.

Pembangunan jalan tol Seksi Padang - Sicincin sendiri ditargetkan rampung pada bulan Juli 2024 mendatang. 

Adapun strategi lain dari sisi konstruksinya, pembangunan jalan tol Padang - Sicincin dimaksimalkan utamanya saat kondisi cuaca cerah. 

Jalan tol ini nantinya akan dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung dari segi struktur, seperti 24 main bridge, 21 box underpass, 2 gerbang tol, hingga 2 (dua) rest area di km 23A dan 23B.

BACA JUGA:

Dukungan PMN Pemerintah Untuk JTTS

Pemerintah terus mengupayakan penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN). salah satu PSN yang memperoleh dukungan Penyertaan Modal Negara (PMN) adalah proyek jalan Tol Padang - Pekanbaru.

Koentjoro menambahkan, penugasan pembangunan JTTS kepada Hutama Karya tidak lepas dari dukungan pemerintah dimana PMN yang diterima oleh Hutama Karya yang diberikan secara bertahap sejak tahun 2015 bernilai cukup besar.

“Pembangunan JTTS tahap I sekitar 957 km telah beroperasi sepanjang 596 km. Pada momen mudik lebaran kemarin, empat ruas baru difungsionalkan secara khusus untuk memperlancar konektivitas masyarakat, tercatat lebih dari tiga juta kendaraan yang melintas di JTTS,” tuturnya.

Kebermanfaatan jalan tol JTTS ini akan dirasakan oleh masyarakat, khususnya dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah. Masyarakat akan merasakan kemudahan dalam mobilitas serta akses logistik.

BACA JUGA:

Keseluruhan manfaat tersebut dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional secara menyeluruh. Melalui akselerasi pembangunan infrastruktur, akan hadir titik-titik baru pertumbuhan ekonomi di daerah. 

Hal tersebut selaras dengan visi Indonesia dalam Keketuaan ASEAN 2023, yaitu Epicentrum of Growth. Melalui pembangunan infrastruktur yang masif, Indonesia semakin mengukuhkan perannya sebagai raksasa ekonomi ASEAN. 

Sehingga, terjalinnya hubungan perdagangan yang lebih baik dengan negara-negara anggota ASEAN adalah salah satu manfaat yang dapat dirasakan dari pembangunan infrastruktur nasional, salah satunya melalui JTTS.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: