Cara Investasi Emas yang Menguntungkan, Cocok Bagi Investor Pemula

Cara Investasi Emas yang Menguntungkan, Cocok Bagi Investor Pemula

Emas batangan internasional-Michael Steinberg -Pexels

Cara Investasi Emas yang Menguntungkan - Investasi emas adalah salah satu hal yang bisa dipertimbangkan untuk investor pemula. Selain mudah, investasi emas juga risikonya relatif rendah, liquid, serta menguntungkan. 

Memang banyak jenis investasi yang bisa dipilih, mulai dari investasi saham, deposito, tanah, hingga emas. Jenis terakhir ini merupakan pilihan investasi yang naik daun di masa pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. 

Tercatat ada beberapa cara investasi emas yang bisa dilakukan. Kami akan membahasnya pada artikel ini untuk menambah wawasan Anda. Simak sampai tuntas ya gaes!

Apa itu Investasi Emas?

Emas tidak hanya populer sebagai perhiasan, tapi juga dianggap sebagai pilihan investasi yang sangat menguntungkan. Mengapa? Karena emas merupakan barang yang harganya memiliki kecenderungan naik serta jarang mengalami penurunan dalam jumlah yang signifikan.

BACA JUGA:

  1. 10 Aplikasi Saham Terbaik 2023, Bikin Investasimu Jadi Mudah dan Menguntungkan
  2. Ini Dia Saham Dengan Dividen Terbesar Tahun 2023, Recomended Untuk Dikoleksi Gan!

Salah satu contoh adalah yang terjadi di masa pandemi Covid-19. Harga emas mengalami peningkatan yang signifikan. Emas bahkan diburu sebagai alat investasi, sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui cara investasi emas.

Karena popularitasnya yang kian meninggi, banyak orang yang mulai beralih ke investasi emas. Tak perlu khawatir apabila Anda termasuk yang ingin berinvestasi di logam mulia ini namun tidak mengetahui cara investasi emas yang aman. 

Tapi sebenarnya bagaimana cara investasi emas yang aman untuk pemula? Berikut ulasannya.

Cara investasi emas yang aman bagi pemula

Pastikan tujuan investasi emas

Sebelum memulai investasi emas, pastikan Anda tahu untuk apa tujuan Anda berinvestasi. Cara investasi emas yang aman ialah mengetahui dengan baik tujuannya dalam berinvestasi. 

BACA JUGA:

  1. Harga Emas Pegadaian Hari ini 5 Mei 2023: Antam dan UBS Naik Sebagian
  2. Jelang Akhir Pekan! Harga Emas Antam Hari ini 5 Mei 2023 Turun Rp3.000 Per Gram Jadi Segini

Banyak tujuan yang bisa dijadikan target dalam berinvestasi emas, apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan, atau investasi hari tua.

Atau sebagai contoh, Anda sudah menargetkan dalam kurun 10 tahun ke depan akan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri. Kemudian penghasilan dari gaji Anda sebagian disisihkan dan diinvestasikan di emas. 

Jika sudah memiliki tujuan yang jelas seperti ini maka Anda akan lebih tahu berapa besaran emas yang diinvestasikan setiap bulannya. Itulah cara investasi emas yang aman pertama bagi pemula.

Pantau perkembangan harga emas secara berkala

Cara investasi emas yang berikutnya adalah memantau perkembangan harga emas secara berkala. Saat ini, tidak sulit untuk memantau perkembangan harga emas. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: