Cek Disini! Rekomendasi Saham Big Caps, Kapitalisasi Pasar Hingga lebih Dari Rp 1.000 Triliun

Cek Disini! Rekomendasi Saham Big Caps, Kapitalisasi Pasar Hingga lebih Dari Rp 1.000 Triliun

Saham, Ilustrasi oleh Ahmad Ardity dari Pixabay--

Rekomendasi Saham Big Caps - Saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) masih menduduki posisi puncak emiten dengan kapitalisasi pasar (market cap) terbesar per kuartal pertama 2023, di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Merujuk statistik bulanan BEI per Maret 2023, BBCA memiliki market cap setara Rp 1.067,87 triliun. Ranking kedua emiten berkapitalisasi pasar jumbo (big caps) diisi oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) dengan market cap senilai Rp 709,70 triliun.

Menyeruak di posisi ketiga ada PT Bayan Resources Tbk (BYAN). Market cap emiten batubara milik konglomerat Low Tuck Kwong ini setara Rp 692,50 triliun. BYAN bahkan sempat mengangkat Low menjadi orang terkaya di Indonesia.

Sebagai catatan, per Desember 2022, BYAN memang sudah menjadi emiten dengan market cap terbesar ketiga di BEI. Namun, jika dibandingkan dengan Maret 2022, posisi BYAN pada saat itu masih ada di peringkat 10 dengan market cap senilai Rp 144,5 triliun.

BACA JUGA:

  1. Apa itu Reksa Dana, Instrumen Investasi yang Melibatkan Manajer Investasi
  2. Yuk Kepoin Saham! Pengertian Capital Gain, Sama Gak Sih Dengan Dividen?
  3. Yuk Kepoin Saham! Pengertian Stock Split dan Manfaatnya, Bikin Untung atau Rugi Investor?
  4. Yuk Kepoin Saham! Mau Investasimu Cuan? Wajib Tahu Daftar Saham Blue Chip 2023 Ini

Selain tiga besar itu 10 besar emiten dengan market cap terbesar per Maret 2023 secara berurutan dihuni oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), PT Astra International Tbk (ASII), PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), dan PT H.M Sampoerna Tbk (HMSP).

Selain batubara pada tahun lalu, emiten-emiten teknologi dan bank digital sempat melejit ke papan atas emiten big caps.

Adapun emiten yang mantap menghuni papan atas big caps adalah perusahaan dengan rekam jejak kinerja bisnis yang stabil. Seperti konsistensi yang ditunjukkan oleh empat bank terbesar BBCA, BBRI, BMRI dan BBNI, serta TLKM dan ASII.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: