Yuk Kepoin Saham! Pengertian Capital Gain, Sama Gak Sih Dengan Dividen?

Yuk Kepoin Saham! Pengertian Capital Gain, Sama Gak Sih Dengan Dividen?

Ilustrasi Investasi-FIN.CO.ID-

Pengertian Capital Gain - Investasi di pasar modal saat ini menjadi salah satu alternatif investasi yang menguntungkan selain emas ataupun mata uang. 

Meski demikian, sebelum Anda berkecimpung di dalamnya, Anda harus pahami dulu berbagai istilah dalam dunia pasar modal, salah satunya pengertian capital gain. 

Berinvestasi pada instrumen saham tergolong memiliki risiko yang cukup tinggi. Meski demikian, risiko yang timbul dapat diantisipasi dengan memiliki literasi seputar dunia saham yang baik. 

Anda bisa menjalankan investasi dengan aman dan memperoleh keuntungan yang optimal, jika memiliki literasi yang cukup mengenai hal itu. 

BACA JUGA:

  1. Yuk Kepoin Saham! Mau Investasimu Cuan? Wajib Tahu Daftar Saham Blue Chip 2023 Ini
  2. Yuk Kepoin Saham! Bagaimana Cara Hitung Dividen? Ternyata Gampang Bingits Gaes

Pada saat berinvestasi saham maka Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa capital gain. Berikut kami akan rangkum ulasan lengkap mengenai pengertian capital gain, jenis, rumus, perbedaannya dengan dividen hingga cara perhitungannya. 

Mari kita bahas mengenai pengertian capital gain, simak baik-baik ya!

Pengertian Capital Gain

Capital gain adalah salah satu keuntungan yang bisa didapat ketika berinvestasi saham. Capital gain diperoleh melalui selisih harga jual dan harga beli yang pada saat investor menjual saham. 

Terdapat dua jenis Capital gain yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Sesuai dengan namanya. keuntungan tersebut masing-masing rentang waktu berinvestasi. adalah profit.

BACA JUGA:

  1. Daftar 5 Aplikasi Saham Terbaik, Cocok Untuk Pemula dan Langsung Bikin Cuan
  2. Catat! Ini Emiten Pemberi Dividen Terbesar 2023, Pemegang Saham Siap-siap Cuan Gaes

Jika ingin memperoleh keuntungan modal jangka pendek, investor harus punya kemampuan analisa dan prediksi yang kuat. 

Sedangkan jika investor ingin mendapat keuntungan dalam jangka panjang, maka sebaiknya berinvestasi secara konsisten dalam jangka waktu lebih dari setahun. 

Kebalikan dari capital gain adalah capital loss. Capital loss merupakan kerugian investasi karena harga jual lebih rendah daripada harga beli. 

Sama seperti keuntungan modal yang jumlahnya bisa puluhan sampai ratusan juta, capital loss juga dapat terjadi dalam jumlah besar.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: