Saham GOTO Melejit 9 Persen, Ini Pendapat Analis

Saham GOTO Melejit 9 Persen, Ini Pendapat Analis

Ilustrasi - Saham GOTO--FIN

Saham GOTO - Saham GOTO (PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk) melaju kencang pada perdagangan hari ini, Kamis 4 Mei 2023. 

Harga saham GOTO pada penutupan perdagangan hari ini, diketahui menguat 9 poin dibandingkan penutupan kemarin, Rabu 3 Mei 2023. 

Harga saham GOTO sore ini ditutup 109,00 atau naik 9 persen dibandingkan penutupan sehari sebelumnya. 

Pergerakan saham GOTO melaju lebih cepat dari estimasi. Rencana inklusi saham GOTO ke  dalam indeks MSCI bulan depan bisa menjadi sentimen tambahan terhadap penguatan sahamnya.

BACA JUGA:

  1. Melejit! Harga Emas Antam Hari ini 4 Mei 2023 Naik Tajam Rp15.000 Per Gram Jadi Segini
  2. Melejit! Harga Emas Pegadaian Hari ini 4 Mei 2023: Antam dan UBS Kompak Naik Pol-polan

Prospektur tersebut membuat analis MNC Sekuritas Andrew Sebastian Susilo mempertahankan rekomendasi beli saham GOTO dengan target price Rp 168. Target price tersebut merefleksikan perkiraan EV/pendapatan sebesar 10,7 kali.

Peluang penguatan harga saham GOTO, menurut dia, sudah terlihat dari profitabilitas perseroan yang berjalan lebih cepat dari perkiraan. Hal ini dicerminkan performa keuangan perseroan dengan margin kontribusi positif pada kuartal I-2023.

Penguatan kinerja dan harga saham GOTO juga mempertimbangkan sinergi yang kuat seluruh unit bisnis perseroan. Terbentuknya integrasi yang kuat dengan PT Bank Jago Tbk (ARTO) juga bisa mempermudah perseroan untuk mencapai profitabilitas lebih cepat dari target.

"Peluang penguatan harga saham GOTO juga mempertimbangkan tingkat kenaikan suku bunga sudah terbatas, bahkan cenderung turun. Hal ini bisa menjadi sentimen positif terhadap pergerakan harga saham GOTO ke depan,” tulis Andrew dalam risetnya.

BACA JUGA:

  1. Melemah! Harga Emas Pegadaian Hari ini 3 Mei 2023: Antam dan UBS Kompak Tak Berubah
  2. Melejit! Harga Emas Antam Hari ini 3 Mei 2023 Naik Rp9.000 Per Gram Jadi Segini

Selain itu, GOTO masih memiliki amunisi untuk mempercepat profitabilitas, khususnya dari GOTO Financial. Segmen ini satu-satunya yang tidak berkontraksi sepanjang kuartal I-2023. Bahkan, performa  segmen ini menunjukkan perbaikan yang mengagumkan.

Di antaranya, pendapatan kotor segmen ini naik 25 persen, margin kontribusi positif, dan terjadi peningkatan pembayaran melalui GoPaylater. Begitu juga dengan total kredit menunjukkan kenaikan menjadi Rp 831 miliar.

Sementara itu, analis Indo Premier Sekuritas Anthony dan Jovent Muliadi menyebutkan bahwa realisasi kinerja keuangan GOTO sepanjang kuartal I-2023 sudah sesuai target Indo Premier dan melampaui konsensus analis.

Indo Premier memberikan pandangan positif terhadap keberhasilan GOTO menaikkan take rate sebanyak 30 bps menjadi 4 persen pada kuartal I-2023. Perseroan juga berhasil menaikkan take rate segmen e-commerce dengan baik.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: