Yuk Cari Tahu Apa Itu Rebound Saham dan Penyebabnya, Pahami Cara Analisisnya Disini!

Yuk Cari Tahu Apa Itu Rebound Saham dan Penyebabnya, Pahami Cara Analisisnya Disini!

Ilustrasi Investasi-FIN.CO.ID-

BACA JUGA:

  1. Harga Emas Hari ini 5 April 2023, Produksi Antam Naik Tajam Rp 10.000 Per Gram Jadi Segini
  2. Harga Emas Hari ini 4 April 2023, Produksi Antam Naik Signifikan Rp 5.000 Per Gram Jadi Segini

Bagaimana bisa harga saham yang turun mengalami kenaikan kembali? Saat harga saham mengalami penurunan, maka mayoritas investor yang memegang saham tersebut akan berusaha untuk menjualnya. 

Penjualan saham ini dilakukan demi menghindari terjadinya kerugian yang lebih besar. Langkah ini juga bisa menjadi salah satu bentuk manajemen risiko yang dilakukan oleh investor.

Disisi lain, banyak juga investor yang tertarik untuk membeli saham tersebut karena menganggap peluangnya bagus. Penurunan harga dipandang sebagai sebuah kesempatan untuk mendapatkan saham dengan harga yang lebih murah. 

Pada akhirnya, banyak orang yang tertarik untuk melakukan pembelian apalagi jika jenis sahamnya memiliki fundamental yang bagus.

BACA JUGA:

  1. Harga Komoditas Batu Bara Anjlok, Bagaimana Nasib Harga Saham BUMI Hari Ini?
  2. Saham BUMI Bergerak Positif Pimpin Penguatan Sektoral, Imbas Harga Komoditas Batu Bara Melejit

Seiring dengan banyaknya investor yang melakukan pembelian saham, maka terjadilah  pergerakan nilai. Harga saham menjadi meningkat dan bergerak ke arah yang berlawanan dari sebelumnya. Kondisi inilah yang kemudian memicu terjadinya rebound saham.

Ciri-Ciri Rebound Saham

Momen Rebound Saham ini bisa dimanfaatkan investor untuk mendapat imbal hasil yang optimal. Itulah mengapa Anda sebagai investor  jangan sampai melewatkan kesempatan tersebut. 

Penting sekali untuk memahami bagaimana ciri-ciri dari Rebound Saham. 

Berikut adalah beberapa ciri-ciri Rebound Saham agar Anda memahami: 

1. Kondisi Market Normal

Ciri yang pertama adalah pasar dalam kondisi normal. Maksudnya adalah IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) tidak sedang mengalami sentimen yang berpengaruh besar kepada kondisi pasar. 

BACA JUGA:

  1. Harga Saham BBCA Terkoreksi 0,28 Persen di Perdagangan Bursa, Selasa 4 April 2023
  2. Harga Saham BBRI Ditutup Terkoreksi 0,21 Persen, Perdagangan Bursa Selasa 4 April 2023

Selain itu bisa dilihat juga ciri lainnya yaitu jiak saham-saham mulai bergerak naik selama 2 hari. Ini menjadi tanda bahwa IHSG akan mulai mengalami kondisi rebound dan Smart People harus mulai bersiap.

2. Indeks Saham AS Menguat

Ciri lain yang bisa menjadi tanda terjadinya saham rebound adalah indeks saham AS menguat secara signifikan. Anda bisa melihat beberapa saham AS sebagai indikator seperti Nasdaq dan Dow Jones. 

Jika saham-saham AS ditutup dengan angka yang kuat, maka ini bisa menjadi sebuah pertanda bahwa IHSG akan mengalami Rebound di keesokan hari.

3. IHSG Mendapat Sinyal Sentimen Positif

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: