All New Honda Civic Type R Meluncur di Indonesia, Fitur Keselamatannya Melimpah

All New Honda Civic Type R Meluncur di Indonesia, Fitur Keselamatannya Melimpah

All New Honda Civic Type R-Honda Prospect Motor-Honda Prospect Motor

All New Honda Civic Type R Meluncur di Indonesia, Fitur Keselamatannya Melimpah - PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan generasi terbaru mobil sport All New Honda Civic Type R tanggal 30 Maret 2023 di Jakarta. 

Dengan desain agresif yang semakin aerodinamis dan mesin dengan tenaga terbesar, All New Honda Civic Type R menjadi model Civic tercepat yang pernah dibuat Honda.

BACA JUGA:Intip Kecanggihan Fitur Honda LaneWatch Pada WR-V, Ternyata Begini Cara Kerjanya

BACA JUGA:Intip Spesifikasi dan Harga Honda CRV 2023, Punya Banyak Fitur Canggih Tapi Harganya Tetap Irit

Varian Type R adalah jenis mobil Honda yang dirancang dengan inspirasi dari sebuah mobil balap. Varian ini pertama kali diperkenalkan untuk Honda NSX pada tahun 1992 sebagai sebuah mobil sport Honda yang berfokus pada kecepatan dan kesenangan dalam berkendara yang luar biasa dari sebuah mobil balap. 

Setelah itu, varian Type R juga pernah hadir untuk model-model seperti Honda Integra dan Honda Accord. Honda Civic sendiri pertama kali memiliki varian Type R pada tahun 1997, dan pada saat ini sudah memasuki generasi yang ke-6.

Berbeda dengan varian Honda lainnya, setiap varian Type memiliki emblem logo Honda berwarna merah yang sebelumnya hanya digunakan pada mobil balap Honda yang turun dalam sebuah kejuaraan balap. 

Tak hanya itu, untuk semakin menegaskan karakternya sebagai sebuah mobil sport, varian Type R juga memiliki warna eksklusif yaitu Championship White yang diwariskan dari mobil balap F1 Honda.

BACA JUGA:KIA EV6 GT Line Mejeng di Gaikindo Jakarta Auto Week 2023, Harganya Bombastis

BACA JUGA:GJAW 2023: Toyota Hadirkan Mobil Terbaru All-New Agya, Cek Harganya

Generasi terbaru dari All New Honda Civic Type R pertama kali diluncurkan di Jepang pada bulan September 2022 dan langsung disambut dengan antusias oleh para penggemarnya di seluruh dunia. 

Pada tahun 2022 yang lalu, All New Honda Civic Type R berhasil meraih penghargaan bergengsi yaitu Car of the Year Japan, Best Car to Buy dari Motor Authority, Majalah Top Gear sebagai Hot Hatch of the Year, dan penghargaan tertinggi sebagai Car of The Year.

All New Honda Civic Type R mengusung mesin 2.0 Liter VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal 319 PS, meningkat 9 PS dibandingkan generasi sebelumnya, dan torsi maksimum 420 Nm, meningkat 20 Nm dibandingkan generasi sebelumnya. 

Dengan tenaga mesin yang paling bertenaga, All New Honda Civic Type R berhasil memecahkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di sirkuit Suzuka, Jepang dengan mencatat Lap Time  2 menit 23.120 detik. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: