Jasa Marga Prediksi 899 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek pada Periode Libur Hari Raya Nyepi 2023

Jasa Marga Prediksi 899 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek pada Periode Libur Hari Raya Nyepi 2023

Ilustrasi - Jalan Tol kelolaan Jasa Marga-Jasa Marga-Jasa Marga

Jasa Marga Prediksi 899 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek pada Periode Libur Hari Raya Nyepi 2023 -  PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi sebanyak 899.098 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek selama periode libur Hari Raya Nyepi Tahun 2023 atau tepatnya pada H-1 (Selasa, 21 Maret 2023) hingga H+5 (Minggu, 26 Maret 2023). 

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung). Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 9,39 persen jika dibandingkan lalin normal.

BACA JUGA:Viral Video Tim Rescue Damkar Kota Bekasi Cekcok Dengan Petugas Tol Jatiwarna, Ini Klarifikasi Jasa Marga

BACA JUGA:Viral Damkar Kota Bekasi Dihalangi Petugas Tol Jatiwarna dan Disuruh Bayar, Anggota: Kami Akan Evakuasi

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, dalam mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas selama periode libur Hari Raya Nyepi Tahun 2023, Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol Jasa Marga Group berjalan dengan optimal, terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi tujuan favorit masyarakat, terlebih, dikarenakan perayaan Hari Raya Nyepi tahun ini juga bertepatan dengan awal Ramadhan 1444 H. 

“Selain memastikan 100 persen keberfungsian peralatan tol di gardu, kami juga menambah jumlah petugas dan mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi di GT Utama. Tidak hanya di gerbang tol, potensi kepadatan di lajur jalan tol juga kami antisipasi, di antaranya dengan menempatkan petugas dan kendaraan di titik-titik rawan kepadatan untuk mempercepat penanganan gangguan kendaraan di lajur serta mengatur lalu lintas dengan lebih cepat lagi,” ujar Lisye dalam keterangannya di Jakarta, Selasa 21 Maret 2023.

BACA JUGA:Ternyata Sudah 2 Kali Anggota Damkar Kota Bekasi Dihalangi Petugas Tol Jatiwarna hingga Akhirnya Viral

BACA JUGA:Sukses Manfaatkan Platform Digital, Jasa Marga Raih Penghargaan Top Digital Public Relation Award 2023

Lisye menambahkan, Jasa Marga juga memastikan layanan preservasi/pemeliharaan agar kualitas jalan tol Jasa Marga Group terjaga dalam kondisi baik. 

Tidak hanya itu, Tim Satgas Jasa Marga Siaga juga bergerak cepat untuk memastikan gangguan infrastruktur jalan tol ditangani dengan metode yang tepat.

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 388.729 kendaraan (43,2 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung) dengan mayoritas kendaraan menuju arah Bandung, 297.329 kendaraan (33,1 persen) menuju arah Barat (Merak), dan 213.039 kendaraan (23,7 persen) menuju arah Selatan (Puncak).

BACA JUGA:Sukses Manfaatkan Platform Digital, Jasa Marga Raih Penghargaan Top Digital Public Relation Award 2023

BACA JUGA:Libur Nataru, Jasa Marga Bakal Fungsionalkan Tol Japek Selatan Untuk Mengurai Kepadatan Lalin

Adapun rincian distribusi lalin sebagai berikut:

Arah Timur (Trans Jawa dan bandung)

- Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 172.514 kendaraan, meningkat sebesar 12,29 persen dari lalin normal.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: