14 Februari Memperingati Hari Apa? Ternyata Bukan Hanya Valentine!

14 Februari Memperingati Hari Apa? Ternyata Bukan Hanya Valentine!

Kalender - Ilustrasi Tanggal 14 Februari Memperingati Hari Apa--

Pembentukan PETA dianggap berawal dari surat Raden Gatot Mangkoepradja kepada Gunseikan (kepala pemerintahan militer Jepang) pada bulan September 1943 yang antara lain berisi permohonan agar bangsa Indonesia diperkenankan membantu pemerintahan Jepang di medan perang. 

BACA JUGA:Rilis Poster Keren! One Piece Live Action Resmi 'Berlayar' di Netflix Pada 2023

BACA JUGA:Link Download GB WhatsApp v14.10 by Sam Mods Berikut Cara Pasangnya Ada Disini, GRATIS!

Pada pembentukannya, banyak anggota Seinen Dojo (Barisan Pemuda) yang kemudian menjadi anggota senior dalam barisan PETA. 

Ada pendapat bahwa hal ini merupakan strategi Jepang untuk membangkitkan semangat patriotisme dengan memberi kesan bahwa usul pembentukan PETA berasal dari kalangan pemimpin Indonesia sendiri.

Berkat usul Gatot Mangkoepradja yang terkesan pragmatis itu, lahirlah PETA. Dari situlah TKR kemudian terbentuk dan akhirnya menjadi TNI. 

Maka tidak berlebihan jika gelar Bapak Pembela Tanah Air disematkan kepada Gatot Mangkoepradja walaupun ia tidak menyandang ketenaran layaknya Pahlawan Nasional. Gatot punya cara sendiri untuk membela tanah airnya.

BACA JUGA:Cara Menumbuhkan Rambut Dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami, Klik Disini Untuk Mendapatkan Informasinya!

BACA JUGA:Penasaran Dengan Link Download Game Sigma Battle FF WalkThrough? Simak Artikel Ini Sampai Selesai

Sejarah terbentuknya PETA sendiri merupakan salah satu tonggak perlawanan bangsa indonesia kepada para penjajah jepang. PETA juga disebutkan sebagai upaya untuk menyulutkan jiwa Patriorisme dan Nasionaisme.

Walaupun peringatan ini tidak tercantum di kalender umum indonesia dan bukan merupakan perayaan besar. Namun tidak ada salahnya kita mengetahui bahwa tanggal 14 Februari memang ada kaitannya dengan sejarah bangsa Indonesia, dalam hal ini berkaitan dengan PETA. 

Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang Sedunia

Tanggal 14 Februari setiap tahun dikenal sebagai hari kasih sayang sedunia atau hari Valentine. 

Hari Valentine atau disebut juga Valentine Day, merupakan sebuah budaya untuk seseorang menyatakan kasih sayang atau rasa cintanya terhadap pasangan, atau bahkan orang terdekatnya. 

BACA JUGA:Sambut Valentine, Kitkat Berkolaborasi dengan Aerostreet Rilis Sepatu Edisi Khusus

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: