Pemerintah Bakal Subsidi Motor Listrik, Begini Tanggapan Pengemudi Ojek Online Kota Bekasi

Pemerintah Bakal Subsidi Motor Listrik, Begini Tanggapan Pengemudi Ojek Online Kota Bekasi

Driver ojol sedang melakukan pengecasan terhadap baterai motor listrik di SPBKLU.-Istimewa-

Endang juga menilai, penggunaan motor listrik bagi ojek masih belum layak untuk diterapkan karena masih kurangnya fasilitas pengisian tenaga listrik motor di Kota Bekasi.

SPKLU Masih Minim

Salah satu pengemudi Ojol bernama Dian (33), mengaku masih bimbang apabila subsidi dari Pempus ditujukan untuk membeli sepeda motor listrik. Salah satu pertimbangannya adalah ketersediaan Sentra Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang masih minim. 

"Setuju tidaknya tergantung, jadi kepemilikan atau tidak. mungkin kita enak dibantu nyicil, tapi tetap nanti kita lihat dulu harga motornya ini berapa," kata Dian kepada fin.co.id.


Salah satu pengemudi Ojol bernama Dian (33) yang fin.co.id temui di depan pemkot Bekasi-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

Menurutnya Pemerintah Pusat seharusnya terlebih dahulu membangun fasilitas pengisian tenaga, sebelum menginstruksikan Ojol menggunakan motor listrik.

BACA JUGA:Perkuat Sistem Kelistrikan Sumut, PLN Tuntaskan Proyek Strategis Nasional dengan TKDN 87 Persen

"Harusnya jangan di gemborin motor listriknya dulu tapi tempat pengisian listriknya belom ada, jadi seharusnya dibangun dulu fasilitasnya," ucapnya.

Dian menjelaskan, saat ini di wilayah Kota Bekasi belum ada tempat pengisian kendaraan tenaga listrik khusus motor terutama untuk pengemudi Ojol.

"Satupun belom ada, adapun buat mobil. jadi lebih baik di bangun fasilitasnya dulu, karena kita gatau sekali narik jauhnya semana habisnya semana," jelasnya.

Selain itu menurutnya membawa penumpang dengan motor listrik sangatlah tidak nyaman, teruta dari segi tenaga dan juga ukuran.

BACA JUGA:Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, Anggota Komisi VII DPR RI Resmikan SPKLU PLN di Jawa Tengah

"Kalau lagi boncengan gak kuat nanjak bang, terus suaranya kasar, tempat duduk penunpangnya juga lebih sempit," tuturnya.

Sebelumnya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan, Ojek Online menjadi salah satu target yang akan menjadi penerima subsidi kendaraan listrik.

“Wah, itu ojol penting, kita prioritaskan,” ungkap Arifin Tasrif kepada wartawan di Kantor Kementerian ESDM, Jumat 9 Desember 2022 lalu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: