Arab Saudi Tuai Kritik: Izinkan Perayaan Halloween Tapi Larang Maulid Nabi

Arab Saudi Tuai Kritik: Izinkan Perayaan Halloween Tapi Larang Maulid Nabi

Momen masyarakat Arab Saudi merayakan Halloween 2022.-Twitter/@GunRomli-

 "Ini adalah perayaan besar, jujur, dan ada semangat kegembiraan ... Dalam hal haram atau halal, saya tidak tahu tentang itu. Kami merayakannya hanya untuk bersenang-senang dan tidak ada yang lain. Kami tidak percaya pada apa pun. ," salah satu peserta yang mengambil bagian dalam perayaan untuk pertama kalinya seperti dikutip.

Sementara yang lain menjelaskan: tindakan mereka didasarkan pada niat. "Saya di sini hanya untuk bersenang-senang."

Alasan Arab Saudi Larang Maulid Nabi

Negara Arab Saudi melarang Maulid Nabi bahkan haram. 

Perayaan maulid nabi dilarang digelar di Masjid Al-Haram, Masjid Nabawi, dan semua masjid di Arab Saudi. 

Meski pemerintah Arab Saudi telah menetapkan tanggal 12 Rabiul Awal sebagai hari Libur Nasional, namun Arab Saudi tetap mengharamkan perayaan maulid Nabi Muhammad SAW.

Perayaan Maulid Nabi hanya bisa dilakukan di rumah-rumah atau gedung sewa bukan di masjid seperti di negara-negara berpenduduk mayoritas musli lainnya, termasuk Indonesia. 

Hal ini sejalan dengan fatwa yang dikeluarkan Mufti Agung Arab Saudi Syekh Abdul Aziz bin Abdullah asy-Syekh. 

Syekh Abdul Aziz mengatakan, memperingati hari kelahiran Rasulullah adalah perbuatan dosa, praktek takhayul dan bertentangan dengan ajaran Islam. 

Menurut beliau peringatan maulid itu adalah bidah mulai berkembang di tiga abad pertama kemunculan Islam, saat para sahabat dan tabi’in masih hidup.

Jadi, alasan kenapa negara Arab Saudi melarang perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, karena sebagian besar ulama Arab Saudi seperti, Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, berpendapat bahwa merayakan maulid bukanlah cara yang tepat untuk menunjukkan kecintaan kita kepada Rasulullah

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: