Jelang Pemberangkatan, Calon Jemaah Haji Diminta Olahraga Rutin

Jelang Pemberangkatan, Calon Jemaah Haji Diminta Olahraga Rutin

Tri Adhianto Lepas Keberangkatan Jamaah Haji 2023--

FIN.CO.ID - Calon jemaah haji diminta untuk melakukan olahraga ringan secara rutin menjelang keberangkatannya ke tanah suci Makkah. Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Liliek Marhaendro Susilo.

"Menerapkan pola hidup yang sehat. Tiap pagi jalan atau pokoknya setiap hari lah kalau bisa usahakan rutin olahraga ringan," kata Liliek saat menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis PPIH Arab Saudi di Jakarta, Sabtu 23 Maret 2024.

BACA JUGA:

Liliek menuturkan, ibadah haji merupakan ibadah yang memerlukan ketahanan fisik. Fisik para peserta calon haji akan diuji utamanya saat memasuki puncak haji hingga setelahnya.

Maka itu, ia mendorong agar jelang keberangkatan ke Arab Saudi untuk menjaga kebugaran dengan berolahraga ringan minimal 30 menit setiap hari. Apabila biasanya beraktivitas jarak dekat selalu menggunakan kendaraan, maka sudah seharusnya dilakukan lewat jalan kaki atau bersepeda.

"Tapi jangan sampai kelelahan," ujarnya.

Selain itu, asupan makanan pun perlu diperhatikan. Jemaah harus memakan makanan bergizi tinggi dan nutrisi cukup. Kurangi atau hindari makan makanan yang manis dan asin, apalagi untuk lanjut usia (Lansia).

"Kalau bisa konsumsi juga dijaga supaya mereka juga tidak berlebihan dan tidak timbul lagi penyakitnya dan istirahat cukup," imbuhnya.

Di sisi lain, kata dia, Kemenkes juga terus mematangkan kesiapan pemberangkatan jemaah haji. Salah satunya terus memastikan fasilitas di asrama haji sudah bisa digunakan.

Pemeriksaan dilakukan secara berkala sejak enam bulan sebelum pemberangkatan hingga jelang kedatangan calon jemaah haji ke asrama haji.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: