Polri 'Bocorkan' Tips Tetap Aman di Ruang Siber, Mudah dan Sederhana

Polri 'Bocorkan' Tips Tetap Aman di Ruang Siber, Mudah dan Sederhana

Profil Hacker Bjorka-@bjorkanism-Twitter

"Kalau menerima yang seperti begitu jangan dibuka, karena itu kini menjadi upaya seorang hacker (peretas) untuk masuk ke gawai yang anda miliki," tegas Umar.

Kiat lainnya, Umar menyarankan agar masyarakat bisa bijak menggunakan media sosial dan tidak tidak sembarangan untuk membagikan konten di ruang digital.

Dalam beragam kesempatan, Kementerian Kominfo juga mempromosikan sikap tersebut dengan sebutan "Saring sebelum Sharing".

BACA JUGA:Kesopanan Pengguna Internet Indonesia Terendah, Peringkat 29 dari 32 Negara Dunia

Dengan sikap tersebut, masyarakat bisa berkontribusi secara positif untuk mengurangi penyebaran konten-konten negatif atau mungkin tidak benar sehingga ruang digital di Indonesia bisa lebih produktif.

Kiat terakhir, Umar mengingatkan agar masyarakat bisa menggunakan layanan serta aplikasi resmi yang telah terdaftar di gawainya.

Ia berharap masyarakat tidak menggunakan aplikasi bajakan yang tidak terjamin keamanannya dan berpotensi menyebabkan masalah keamanan siber.

"Gunakan aplikasi yang resmi, karena itu ada garansinya. Sehingga kita bisa terhindar dari serangan maupun kejahatan siber yang ada," tutupnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: