Polri 'Bocorkan' Tips Tetap Aman di Ruang Siber, Mudah dan Sederhana

Polri 'Bocorkan' Tips Tetap Aman di Ruang Siber, Mudah dan Sederhana

Profil Hacker Bjorka-@bjorkanism-Twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ada sejumlah tips atau kiat mudah dan sederhana agar masyarakat bisa tetap aman saat berada di ruang siber atau ketika internetan.

Direktur Keamanan Negara Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri Brigjen Pol Umar Effendi membagikan tips tersebut.

BACA JUGA:Pengguna Internet Tanah Air Membengkak selama Pandemi, Apa Efeknya?

Pertama agar aman di ruang siber, masyarakat harus pakai firewall. 

"Ini sebenarnya harusnya sudah lumrah, cuma tadi kaitannya dengan usaha bisnis saking semangatnya jadi lupa tidak pakai pengamanan seperti firewall ini," kata Umar dikutip Minggu 23 Oktober 2022.

Kemudian jangan lupa pasang kata sandi yang kuat dan juga antivirus. 

"Jadi ini sudah satu paket kalau kita pakai sarana ke ruang siber ini," kata Umar dalam diskusi interaktif "Mewujudkan Kedaulatan Cyber Indonesia" di Jakarta, Sabtu.

BACA JUGA:Ini Spesifikasi Google Pixel Fold yang Bocor di Internet

Secara singkat firewall dikenal sebagai sistem yang memberikan perlindungan untuk perangkat teknologi yang terhubung dengan ruang digital.

Sistem tersebut biasanya memanfaatkan perangkat lunak agar bisa mencegah akses yang tidak diinginkan baik dari atau ke dalam suatu jaringan internal dan sifatnya memblokir akses tidak dikenal itu sehingga data pengguna bisa lebih aman di perangkat teknologinya.

Kiat selanjutnya yang dibagikan Umar ialah agar masyarakat tidak sembarang meng-klik situs web atau link yang didapatkan dari kontak yang tidak jelas.

Ia mencontohkan modus sejenis kerap terjadi di salah satu aplikasi pesan instan dan pelaku kejahatan secara tiba-tiba mengirim tautan situs web yang terkadang menarik untuk dibuka karena pesannya terasa personal.

BACA JUGA:Akses Internet Cepat Kelas Dunia Siap Hadir di Kawasan Timur Indonesia

Jika menemukan hal sejenis, maka Umar menyarankan agar masyarakat tidak langsung meng-klik link mencurigakan tersebut dan bisa memeriksa lebih teliti siapa pengirimnya hingga memeriksa lebih jelas situs yang dimaksud lewat mesin pencarian.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: