Mitos atau Fakta: Jalan Beton Sebabkan Ban Mobil Cepat Rusak dan Aus?

Mitos atau Fakta: Jalan Beton Sebabkan Ban Mobil Cepat Rusak dan Aus?

Mitos atau Fakta: Apakah Jalan Beton Menyebabkan Ban Mobil Cepat Rusak? Berikut Tips Agar Tetap Aman dan Nyaman saat Bepergian/ Freepik--

FIN.CO.ID - Jalanan yang dilalui roda empat tak hanya jalan beraspal saja. Namun masih banyak juga jenis jalan lainnya, mulai dari jalan berbatu, jalan berlubang, jalan tersumbat hingga jalan beton atau semen.

Sedangkan untuk jalan semen atau beton, banyak ditemukan di jalan perkotaan dan di beberapa jalan tol di Amerika Serikat.

Mengapa jalan beton banyak digunakan pada jalan lingkar dan jalan tol? Memang material jalan lebih awet dibandingkan aspal jika ditabrak kendaraan berat seperti kendaraan roda empat, truk roda panjang, dan kendaraan fuso.

Selain itu, ketahanan jalan jauh lebih lama sehingga secara tidak langsung menghemat biaya infrastruktur dan pemeliharaan.

Meski memiliki banyak kelebihan, jalan beton seringkali menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengemudi.

BACA JUGA:

Menyeberang jalan beton dapat menyebabkan ban menjadi tertarik dan meningkatkan kebisingan berkendara.

Jadi ini menunjukkan bahwa jalan beton bisa menyebabkan ban mobil lebih cepat aus, benarkah? Asumsi ini tidak sepenuhnya benar.

Perlu diketahui, talang  pada jalan beton ada dua jenis, yaitu talang lurus dan talang horizontal. Garis lurus  searah kecepatan kendaraan dan memotong garis mendatar  searah  kecepatan kendaraan.

Penyebab tapak ban cepat aus adalah alur hujan yang mendatar, karena jenis tapak ini membuat ban tampak sobek.

Tips keselamatan dan kenyamanan saat melintasi jalan beton Kunci utama menghindari keausan ban yang cepat  adalah perawatan dan gaya berkendara yang baik.

Jangan menggunakan kendaraan terlalu agresif dan patuhi semua rambu lalu lintas, maka Anda akan  lebih aman saat melintasi jalan jenis apa pun.

BACA JUGA:

Selain itu, pengemudi juga perlu memperhatikan marka jalan dan menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Noerma Puspita

Tentang Penulis

Sumber: