Dahlan Iskan Soal Tragedi Kanjuruhan: Bukan Arema Lawan Bonek Tapi Suporter vs Petugas, Ada yang Teriak Sambo!

Dahlan Iskan Soal Tragedi Kanjuruhan: Bukan Arema Lawan Bonek Tapi Suporter vs Petugas, Ada yang Teriak Sambo!

Logo Disway--Disway.id

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Tokoh nasional yang juga eks Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan ikut angkat bicara soal tragedi Kanjuruhan. 

Disebutnya, tragedi Kanjuruhan bukanlah Arema lawan Bonek, namun suporter lawan petugas. 

BACA JUGA:Tragedi Prestasi

BACA JUGA:Kanjuruhan Mangindaan

Dalam tulisan Dahlan Iskan yang bertajuk "Tragedi Prestasi", ia menceritakan duduk awal persoalan yang menyebabkan terjadinya tragedi Kanjuruhan tersebut. 

Hal itulah yang membuatnya berkesimpulan bahwa tragedi Kanjuruhan bukanlah "perang" antara Singo Edan dengan Bonek. 

Dahlan Iskan, menceritakan jalannya pertandingan derby Jawa Timur yang dimenangkan oleh Persebaya hingga terjadinya kerusuhan di area stadion Kanjuruhan.

"Di dalam stadion pemain dan ofisial Arema FC masih di tengah lapangan. Mereka akan melakukan apa yang biasa dilakukan setelah pertandingan, kumpul di tengah, membuat lingkaran dan menghormat ke penonton," tulis Dahlan Iskan melalui Disway, dikutip fin.co.id, Rabu 5 Oktober 2022. 

BACA JUGA:Harapan Kanjuruhan

BACA JUGA:Buntut Tragedi Kanjuruhan, Seluruh Laga Liga 1 hingga 3 di Stadion Candrabhaga Dihentikan

Namun suasana tersebut menurutnya tidak seperti biasanya, stadion Kanjuruhan yang penuh 40.000 suporter Arema FC tak kunjung kosong meskipun sudah pukul 22.00 WIB.

"Para pemain Persebaya menunggu di dalam rantis polisi: kapan kendaraan taktis itu bergerak meninggalkan stadion," lanjut Dahlan Iskan.

Di dalam stadion, menurut Dahlan Iskan, para pemain yang berkumpul di tengah lapangan berinisiatif jalan bersama ke arah tribun penonton. Gestur tubuh mereka seperti ingin meminta maaf atas kekalahan ini. Mereka melangkah pelan ke arah tribun. 

"Tiba-tiba terlihat satu penonton meloncat pagar. Ia lari masuk lapangan. Ia menyongsong para pemain yang berjalan ke arah tribun. Penonton itu terlihat merangkul kiper. Lalu menyalami yang lain," tulisnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber:

Berita Terkait

Pagar Teras

3 minggu

Gaza Rock

2 bulan

Gaza Ben

2 bulan

Ikut Tidur

2 bulan