Lukas Enembe Tak Penuhi Panggilan KPK, Pengacara: Dia Tidak Melawan Negara!

Lukas Enembe Tak Penuhi Panggilan KPK, Pengacara: Dia Tidak Melawan Negara!

Gubernur Papua, Lukas Enembe (Twitter)--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan Gubernur Papua, Lukas Enembe sebagai tersangka hari ini, Senin 26 September 2022 di Gedung Merah Putih KPK. 

Namun politikus Partai Demokrat itu tidak hadir dalam pemeriksaan tersebut. 

Lukas Enembe juga resmi dicegah keluar dari wilayah Indonesia terhitung sejak tanggal diterimanya pengajuan pencegahan sampai dengan 7 Maret 2023.

Kuasa Hukum Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening mengatakan, kliennya tidak hadir dalam pemanggilan KPK hari ini karena Lukas Enembe sedang sakit. 

"Lukas Enembe tidak melawan negara. Lukas Enembe lagi sakit. Kami bertanggungjawab, kalau dia sembuh dan confirm dokter saya akan mendampingi beliau," kata Roy saat konferensi pers di Kantor Penghubung Pemerintah Provinsi Papua di Jakarta Selatan, Senin 26 September 2022.

BACA JUGA:Pengacara Respon Jokowi: Pak Presiden Harus Tahu, Lukas Enembe Sedang Sakit

BACA JUGA:Kejagung Diminta Fair and Justice Dalam Kasus Dugaan Korupsi Impor Baja

Roy memastikan, kliennya tidak punya niat untuk melarikan diri.

Roy meyakinkan Lukas akan bersikap kooperatif untuk menjalani proses hukum.

"Saya confirm sekali bahwa bapak akan diperiksa, akan diminta keterangannya dan dia bersedia, dia tidak pernah takut," ucapnya.

Ia pun menyebut saat ini pihaknya tengah berfokus pada pemulihan kondisi kesehatan Lukas sehingga memungkinkan untuk menjalani pemeriksaan oleh KPK.

"Kita cari formulasi-nya yang tepat bagaimana Pak Lukas mendapatkan pelayanan kesehatan yang bagus biar sehat dan segera diperiksa," ujarnya.

Ia mengkhawatirkan bila Lukas tidak mendapatkan penanganan kesehatan yang memadai maka dapat berakibat fatal pada kondisinya yang kian menurun dan justru malah tidak memungkinkan untuk menjalani pemeriksaan oleh KPK.

BACA JUGA:Hari Ini KPK Periksa Lukas Enembe Sebagai Tersangka

Sumber: