Hari Ini KPK Periksa Lukas Enembe Sebagai Tersangka

Hari Ini KPK Periksa Lukas Enembe Sebagai Tersangka

Gubernur Papua Lukas Enembe -dok-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaa terhadap Gubernur Papau Lukas Enembe sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi dan pencucian uang.

KPK telah melayangkan surat pemanggilan terhadap Lukas Enembe untuk diperikasi hari ini sebagai tersangka, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin 26 September 2022.

"Iya, sejauh ini sesuai agenda sebagaimana surat panggilan yang sudah kami kirimkan dan diterima oleh tersangka maupun penasihat hukumnya," ucap Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi pada Senin 26 September 2022.

KPK pun mengharapkan Lukas Enembe dapat memenuhi panggilan tersebut.

BACA JUGA:Polemik Korupsi Lukas Enembe, Tokoh Agama Papua Buka Suara Soal Kinerja KPK

BACA JUGA:Lukas Enembe Jadi Tersangka, Pendeta Alberth Yoku Kasih Pesan Begini

"KPK tentu berharap pihak dimaksud memenuhi panggilan di Gedung Merah Putih KPK sesuai yang KPK telah sampaikan secara patut," katanya.

Sebelumnya, KPK telah mengirimkan surat panggilan pertama kepada Lukas Enembe. 

Lukas Enembe tidak menghadiri panggilan KPK tersebut untuk diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi pada Senin 19 September 2022.

KPK juga memastikan dalam proses penyidikan yang dilakukan terhadap Lukas Enembe sesuai koridor dan prosedur hukum, yakni dengan menjunjung asas praduga tak bersalah dan hak asasi manusia (HAM).

"Kepatuhan hukum ini tentu tidak hanya untuk dipedomani KPK saja, namun juga kepada pihak-pihak yang dilakukan pemeriksaan agar prosesnya dapat berjalan secara efektif dan efisien," ucap Ali dalam keterangannya pada Sabtu 24 September 2022.

BACA JUGA:Gubernur Lukas Enembe Ditemani Perempuan Seksi di Manila, Siapa Dia?

BACA JUGA:Gubernur Lukas Enembe Langganan Main 303 di Tiga Lokasi Ini

Oleh karena itu, lanjut dia, alasan ketidakhadiran Lukas Enembe karena kesehatan tentu juga harus disertai dokumen resmi dari tenaga medis agar KPK dapat menganalisis lebih lanjut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: