Pengacara Respon Jokowi: Pak Presiden Harus Tahu, Lukas Enembe Sedang Sakit

Pengacara Respon Jokowi: Pak Presiden Harus Tahu, Lukas Enembe Sedang Sakit

Gubernur Papua Lukas Enembe-antara-ANTARA

JAKARTA, FIN.CO.ID- Kuas Hukum Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening merespon pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang meminta agar Lukas Enembe kooperatif terhadap panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Lukas Enembe sedianya akan diperiksa oleh KPK terkait dugaan suap dan gratifikasi proyek bersumber APBD Papua hari ini, Senin 26 September 2022.

Roy Rening mengatakan, pihaknya menghormati pernyataan Presiden Jokowi, tetapi Lukas Enembe sendiri sedang sakit dan masih dalam perawatan. 

"Kita menghormati Bapak Presiden mengatakan seperti itu, tapi Bapak Presiden tahu bahwa Bapak Lukas sakit. Kita menunggu sampai beliau sembuh karena salah satu syarat orang dimintai keterangan (adalah) harus sehat. Kalau sakit, bagaimana mau datang," ucap Stefanus Roy, Senin 26 September 2022.

BACA JUGA:Kasus Lukas Enembe, Partai Garuda: Fokus Saja di Gratifikasi Bukan Soal Judi

BACA JUGA:Soal Kasus Gubernur Papua Lukas Enembe, Jokowi Akhirnya Buka Suara

Roy Rening juga meminta agar Presiden Jokowi agar memaklumi kondisi kesehatan Lukas Enembe yang saat ini sedang dalam penanganan. 

"Kita menghormati bahwa Bapak Presiden sudah mulai memberikan perhatiannya pada kasus ini. Tapi kita juga mau sampaikan kepada Bapak Presiden Jokowi, Bapak (Lukas Enembe) sedang sakit dan bagaimana kita mencari solusinya agar disembuhkan dulu penyakitnya, baru kita masuk ke tahap penyidikan karena jangan sampai malah membuat Pak Lukas semakin parah," ucap Roy Rening.

Roy menjelaskan, kliennya memiliki penyakit komplikasi. Hingga dokter mengatakan Lukas Eembe harsu menjalani perawatan.

"Karena Pak Lukas itu ada gejala ginjal, ada sakit jantung bocor, jantung dia dari kecil, dan dia diabetes, tekanan darah tinggi, sehingga dokter selalu mengatakan dia tidak boleh underpressure. Dia punya riwayat empat kali stroke. Kan tujuan kita kan dia diperiksa, untuk diperiksa harus sehat," imbuhnya.

BACA JUGA:Hari Ini KPK Periksa Lukas Enembe Sebagai Tersangka

BACA JUGA:Lukas Enembe Jadi Tersangka, Pendeta Alberth Yoku Kasih Pesan Begini

Sebelumnya, Jokowi ikut angkat bicara terkait kasus dugaan korupsi yang menjerat Lukas Enembe. Jokowi meminta semua pihak untuk menghormati proses hukum.

"Sama saya kira proses hukum yang ada di KPK semuanya harus menghormati. Semua sama di mata hukum," kata Jokowi menjawab pertanyaan wartawan soal Lukas Enembe.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: