Efek Melek di Malam Hari dan Tidur saat Siang, Jawabnya Adalah Penyakit Kronis

Efek Melek di Malam Hari dan Tidur saat Siang, Jawabnya Adalah Penyakit Kronis

Tidur Siang, Image oleh Pixabay dari Pexels--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Waktu tidur normal adalah tentunya di malam hari dan di pagi dan siang harinya, adalah waktu bagi orang untuk sibuk beraktifitas.

Akan tetapi, hal ini ternyata tidak berlaku bagi semua orang, Karena pada kenyataannya, ada yang justru menjalani jam tidur terbalik.

Jam tidur terbalik yang dimaksud di sini adalah aktif di malam hari, alias begadangan sampai pagi, dan baru tidur ketika hari sudah terang.

(BACA JUGA:Awas! Ini 5 Tanda Anda Mengidap Penyakit Kronis, Gejalanya Cukup Mengerikan)

Menurut ahli, via Hello Sehat, kebiasaan yang satu ini nantinya akan berdampak buruk pada kualitas hidup, salah satunya kesehatan.

Mengapa demikian, karena menurut sebuah studi yang dilakukan Dr. Patricia Wong, perubahan pada jam tidur akan menyebabkan peningkatan kadar lemak di dalam darah.

Perubahan jam tidur, melek di malam hari dan tidur saat siang hari, akan menyebabkan gangguan pada metabolism tubuh.

Ketika lemak darah meningkat, hal inilah yang kemudian menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah, selain juga peningkatan pada tekanan darah, dalam hal ini darah tinggi.

Akibatnya, mereka yang menjalani jam tidur terbalik akibat insomnia, akan rentan mengalami berbagai penyakit kardiovaskuler.

Tidak hanya menyebabkan penyakit kardiovaskuler, jam tidur terbalik yakni melek di malam hari dan tidur di siang hari, meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes melitus.

Diabetes yang juga dikenal dengan nama diabetes tipe 2 ini disebabkan oleh kerusakan pada organ pankreas, yang tidak lagi memproduksi, atau kesulitan untuk memanfaatkan insulin untuk meregulasi kadar gula dalam darah.

Pada laki-laki, jam tidur yang tebalik ini berpotensi meningkatkan risiko orang kena diabetes melitus hingga tiga kali lipat.

Adapun menurut pendapat lain yang menjelaskan mengapa jam tidur terbalik, yang artinya orang jadi sering begadang, menjadi penyebab diabetes.

Penyebabnya menurut ahli,  adalah kebiasaan orang makan tengah malam, temasuk salah satunya camilan, saat mereka asik begadang semalaman.

Selain menyebabkan diabetes, kebiasaan orang begadang bisa membuat mereka terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: