Pemerintah Galau Soal Kenaikan Harga Pertalite: Naik Salah, Gak Naik Tambah Salah

Pemerintah Galau Soal Kenaikan Harga Pertalite: Naik Salah, Gak Naik Tambah Salah

Ilustrasi: harga BBM diwacanakan naik-Dokumentasi-Pertamina Patra Niaga

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Pemerintah belum memutuskan soal rencana kenaikan harga BBM jenis Pertalite yang saat ini disubsidi. Padahal, harga keekonomian BBM berkadar RON 90 itu sudah jauh diatas harga jualnya saat ini Rp7.650 per liter. 

Diketahui, harga keekonomian harga BBM jenis tersebut sudah tembus di angka Rp17.200 per liter, menurut penuturan Pertamina. 

(BACA JUGA:Jokowi Targetkan Ekspor Besi Baja Tahun 2022 Tembus Rp440 Triliun)

(BACA JUGA:Tantangan Besar Indonesia Menghadapi Krisis Global dan Fokus Jokowi Dorong Perekonomian Lewat Hilirisasi )

Pemerintah sepertinya ragu-ragu untuk memutuskan kenaikan harga Pertalite, termasuk juga harga BBM Solar, karena khawatir hal itu akan menimbulkan inflasi tinggi. 

Kenaikan Masih Dibahas

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, usai Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2022 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Senin 16 Agustus 2022 mengatakan, pemerintah saat ini masih membahas mengenai rencana kenaikan harga Pertalite. 

Arifin mengisyaratkan kenaikan harga harus tetap dilakukan, seiring dengan kenaikan harga minyak mentah di pasar global.

(BACA JUGA:Siap-Siap, Pemerintah Sedang Bahas Wacana Kenaikan Harga BBM Pertalite)

(BACA JUGA:Pertalite Mulai Langka di Pasaran, DPR: Pertamina Harus Transparan)

Adapun rencana kenaikan harga BBM itu masih dikoordinasi oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Namun demikian Arifin berharap, dalam waktu dekat ini akan terjadi penyesuaian harga BBM Pertalite.

"Mudah mudahan (segera). Karena harus sosialisasi dulu," ujarnya .

Pemerintah, kata dia, juga masih berupaya merampungkan revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM) beserta petunjuk teknis pembelian Pertalite selesai pekan ini. 

Aturan itu nantinya akan menjadi dasar kebijakan pembatasan pembelian BBM Pertalite.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: