Ini Kata Pertamina Soal Wacana Kenaikan Harga Pertalite dan Solar Tahun ini

Ini Kata Pertamina Soal Wacana Kenaikan Harga Pertalite dan Solar Tahun ini

Update harga Pertalite hari ini Jumat 20 Oktober 2023 --dok Pertamina

JAKARTA, FIN.CO.ID- Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis RON 90 atau Pertalite dan Solar bersubsidi tidak akan mengalami penyesuaian harga, meski harga minyak mentah dunia mengalami kenaikan.

"Tidak ada, sampai hari ini kami tidak pernah membahas tentang itu kenaikan. Oleh karena itu kemarin yang dilakukan pemerintah adalah tambahan anggaran," kata Nicke melalui keterangan  tertulisnya, dikutip Jumat 8 Juli 2022. 

Menurutnya, kebijakan untuk menaikkan harga kedua BBM jenis tersebut  merupakan ranah dari Pemerintah.

Selain itu, Nicke  berharap agar Komisi VI DPR RI  membantu untuk memberikan sosialisasi ke publik. 

(BACA JUGA:Ingat Ya! Beli Pertalite untuk Motor Ngak Perlu Daftar MyPertamina )

Untuk diketahui, pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan harga jual BBM jenis Pertalite pada tahun ini karena mempertimbangkan daya beli masyarakat dan menjaga inflasi.

Padahal keekonomian harga BBM jenis tersebut sudah tembus di angka Rp17.200 per liter.

Menurut Nicke, harga jual Pertalite hingga kini masih berada di angka Rp7.650 per liter sementara harga keekonomian BBM tersebut telah Rp17.500 per liter. Sehingga untuk setiap liter yang dikonsumsi masyarakat, pemerintah menggelontorkan subsidi sebesar Rp9.550 per liter.

Sedangkan harga keekonomian BBM jenis Solar,  telah menembus di angka Rp18.150 per liter. Sementara Pertamina masih menjualnya dengan harga Rp5.150 per liter.

(BACA JUGA:Goks, Apple CarPlay Bakal Bisa Digunakan untuk Beli BBM di Pom Bensin)

Sebelumnya, harga Indonesian Crude Price (ICP) atau harga minyak mentah Indonesia  telah menembus US$100 per barel, sehingga  melampaui asumsi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang sebesar US$63 per barel. 

Rata-rata minyak ICP selama bulan Juni 2022 naik sebesar 8,01 dollar AS per barel, dari 109,61 dollar AS per barel pada bulan Mei 2022 menjadi 117,62 dollar AS per barel.

Penetapan harga ICP ini tercantum dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 75.K/MG.03/DJM/2022 tentang Harga Minyak mentah Indonesia Bulan Juni 2022, tanggal 1 Juli 2022. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: infopublik