Mau Membuat Film Pendek? Ini Tips dan Pesan Sutradara yang Harus Diperhatikan

Mau Membuat Film Pendek? Ini Tips dan Pesan Sutradara yang Harus Diperhatikan

Ariel Tatum dan Nicholas Saputra bermain dalam film Sayap-Sayah Patah.-denny siregar production-Youtube

Sutradara harus memilih visualisasi mana yang paling efektif untuk menyampaikan pesan tersebut.

Profesi sutradara, lanjut dia, membutuhkan ilmu dari lintas disiplin. Dia mengutip aktor dan sutradara Slamet Rahardjo Djarot yang mengatakan sutradara harus mengerti berbagai hal, mulai dari psikologi, sosiologi sampai antropologi dalam berkarya.

"Agar kita tidak salah dalam menyampaikan budaya tertentu dalam karakter tertentu, memang multidisiplin," katanya.

(BACA JUGA:Korban Tewas Terpanggang Saat Kebakaran di Kosambi Ternyata Anak Pemilik Bengkel)

Ia menambahkan, sutradara adalah pengamat kehidupan sehingga orang-orang yang ingin belajar membuat film diajak untuk menghidupkan sensitivitas dimulai dari ruang terdekat.

"Kita harus coba memberi makna dari peristiwa di depan kita," katanya.

Belajar juga dapat dilakukan dengan menonton banyak film, kemudian mempelajari lukisan-lukisan atau foto-foto yang punya kekuatan cerita. Perasaan yang ditangkap saat mengamati sebuah lukisan atau foto dapat menjadi inspirasi dalam membuat "storyboard" film. 

Kiat lainnya dari Danial dalam memastikan efektivitas adegan-adegan adalah dengan menonton film dengan audio yang dimatikan.

(BACA JUGA:Baru Melahirkan tapi ASI Tidak Keluar, Ini Penjelasan Dokter)

"Bisa paham enggak dari shot by shot? Itu juga metode untuk mengetahui apakah shot efektif atau tidak. Jika sudah bisa dipahami, tentu ketika ditambah dengan suara penceritaan lebih efektif," jelasnya.

KPK kembali menggelar Anti Corruption Film Festival (ACFFEST) 2022 bertajuk "Anti-Corruption Movement Through New Media" dengan tema utama "Berawal dari Kita, Bangkit, dan Bergerak untuk Bersama Melawan Korupsi".

ACFFEST tahun ini memiliki kompetisi film pendek, kompetisi ide cerita, international movie screening, movie camp, movie day, seminar web (webinar), dan malam penghargaan (awarding night).

"Kami harap webinar ini bisa menambah wawasan dan kompetensi teman-teman dalam pembuatan film pendek," kata Wuryono Prakoso, Kepala Satuan Tugas Kampanye Antikorupsi KPK.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: