Punya KIS Saat Berobat, Pasutri Malah Diminta Beralih Pakai SKTM, Dinkes Bilang Begini...

Punya KIS Saat Berobat, Pasutri Malah Diminta Beralih Pakai SKTM, Dinkes Bilang Begini...

Ilustrasi - Kartu BPJS Kesehatan. (Istimewa)--

BREBES, FIN.CO.ID -- Warga di Kabupaten Brebes tidak bisa memanfaatkan kartu BPJS PBI/KIS saat melakukan pengobatan terhadap anaknya. Hal itu dialami pasangan suami istri Putri Novianti (19) dan Tarjono (27), warga Kecamatan Wanasari.

Saat itu, berbekal KIS, pasutri tersebut membawa anaknya Muhammad Rafanza, bayi berusia lima bulan yang mengalami kelainan kongenital ke RSUD Brebes.

(BACA JUGA:Penahan Air Laut Jebol, Kawasan Tanjung Emas Semarang Banjir Rob 1,5 Meter)

Saat minta surat rujukan ke fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama, petugas melakukan pengecekan KIS milik Muhammad Rafanza. Namun saat dicek, kartu tersebut tidak aktif dan muncul keterangan "Peserta Ini Tidak Aktif. Keterangan: Tidak Ditanggung".

Adanya keterangan tersebut, pasutri tersebut diminta beralih menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Hal ini, lantaran KIS yang dimilikinya tidak dapat digunakan.

Meski begitu, saat ini bayi berusia lima bulan tersebut sudah ditangani tim dokter dan tengah menjalani operasi bibir sumbing. Muhammad Rafanza mengalami labioplatoschizis atau sumbing bibir sejak lahir.

Ditemui di RSUD Brebes, orang tua Rafanza, Tarjono mengaku heran dengan kartu BPJS yang ia pegang. Padahal, kartu tersebut dibuatnya sejak Februari lalu sebulan setelah kelahiran anak pertamanya itu.

(BACA JUGA:Gegara Tendang Motor, Nyawa Nyaris Melayang Ditusuk Belati)

"Saya juga heran kenapa KIS-nya tidak bisa dipakai. Saat minta rujukan di Puskesmas Brebes, petugas bilang katanya kartu tidak aktif. Jadi diminta oleh RSUD Brebes pakai SKTM," ujarnya.

"Tapi alhamdulillah sekarang anak saya sudah ditangani oleh tim dokter setelah menggunakan SKTM," lanjutnya.

Menanggapi kasus itu, Kepala Dinas Kesehatan Brebes Ineke Tri Sulistiowati mengatakan, pasien atas nama Muhammad Rafanza sudah masuk di RSUD Brebes menggunakan SKTM.

Terkait KIS yang dimiliki Tarjono tidak dapat digunakan, dirinya mengatakan dimungkinkan pembiayaan KIS milik Muhammad Rafanza melalui APBD Provinsi.

(BACA JUGA:Polisi Amankan Pria di Majalengka yang Mengancam Meledakkan Bom di Bank BRI Leuwimunding)

Namun sejak 1 Januari, Pemprov Jateng tidak lagi membiayai iuran BPJS PBI, sehingga menjadi tanggungan Pemkab Brebes.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: radartegal.com