Jari Terasa Ngilu dan Menyakitkan ketika Disentuh atau Kesenggol? Ini Daftar Penyebabnya Menurut Dokter

Jari Terasa Ngilu dan Menyakitkan ketika Disentuh atau Kesenggol? Ini Daftar Penyebabnya Menurut Dokter

Jari terasa sakit, Ilustrasi oleh Ryan McGuire dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda mengalami nyeri pada tulang jari, setelah mengalami kecelakaan atau insiden yang tidak diinginkan?

Jari yang tersentuh atau tersenggol akan membuatnya terasa ngilu dan menyakitkan.

Pertanyaannya, apa yang salah dengan Anda? Jawabnya menurut dr. Talitha Najmillah Sabtiari, bisa sangat beragam.

Bisa jadi masalah tulang retak atau patah, masalah sendi yang meradang, ada otot yang cedera, hingga keberadaan saraf yang terjepit.

Untuk menentukan permasalahan yang demikian, ada baiknya kata dr. Talitha, untuk tidak menebak-nebak lewat gejala yang ditunjukan.

" Sebaiknya, periksakanlah diri Anda ke dokter spesialis ortopedi, ya," kata dr. Talitha Najmillah Sabtiari seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Di sana, lanjut dia, dokter yang menangani akan menanyakan riwayat keluhan secara lengkap, selain melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang.

"Seperti rontgen tulang jari sehingga dokter dapat menentukan penyebab kondisi yang Anda alami dan memberikan terapi yang sesuai, seperti pemberian obat-obatan maupun terapi konservatif apabila dibutuhkan," jelas dia.

Untuk mereka dengan keluhan yang demikian, sangat dianjurkan sementara waktu ini, untuk beraktifitas berlebihan, terlebih dengan jari tangan yang terdampak.

Menggunakan perban elastis untuk kompresi, dan memberikan bantalan pada jari, dan komres es, dianjurkan untuk mengurangi efek yang dikeluhkan.

Bahaya Jatuh Duduk pada Tulang Belakang

Terjatuh memang bukan sebuah aktifitas yang menyenangkan, yang ada justru menyakitkan.

Salah satunya adalah jatuh duduk. Kondisi ini menurut ahli, tidak boleh dianggap sepele, karena dapat mengganggu kualitas hidup seseorang.

Jika saja Anda atau ada keluarga yang mengalami jatuh duduk, kunjungan ke dokter spesialis saraf sangatlah dianjurkan.

Apalagi, ketika efek berkesudahan dari jatuh duduk yang dialami itu, dibarengi dengan rasa nyeri, dan mengganggu aktifitas harian seperti disebut di atas.

Ada pun alasan mengapa bagian belakang tubuh Anda terasa nyeri, ada hubungannya dengan benturan yang dialami oleh tulang ekor.


Tidak hanya menyebabkan masalah saat berdiri, bahkan untuk sekedar duduk pun tidak bisa dilakukan dengan cara biasanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: