Cara Mengatasi Ketulangan jika Semua Cara Gagal

Cara Mengatasi Ketulangan jika Semua Cara Gagal

Ketulangan, Image oleh un-perfekt dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Makan seafood seperti ikan memang mengenakan, terlebih jika Anda memang hobi menyantapnya.

Akan tetapi, menikmati makanan berbasis ikan bukan tanpa masalah. Masalah yang dimaksud di sini adalah seperti ketulangan.

Ketika seseorang ketulangan, maka dapat mengganggu kualitas hidupnya. Perasaan tidak nyaman yang disebabkan ketulangan, tentunya teramat menjengkelkan.

(BACA JUGA:Apa Boleh Dipijat jika Pegal Usai Vaksinasi)

Pada kasus tertentu, mengatasi ketulangan tidak cukup sekedar menjalankan tips biasa. Ketika semua tips yang Anda tau gagal, penggunaan alat khusus terkadang dibutuhkan untuk mengeluarkan tulang yang sulit terjangkau.

Hal ini menurut dr. Velika Devina, adalah tak tak terhindarkan, khususnya pada momen tertentu, di mana tulang menyangkut di area yang mustahil dijangkau tanpa peralatan khusus.

"Diperlukan alat khusus untuk melepasnya karena untuk melihat ke dalam kerongkongan tidak mudah, dan tindakan ini memang harus dilakukan oleh dokter spesialis THT," kata dr. Velika seperti dikutip Fin dari Alodokter.

Ia juga menambahkan, jika dalam kasus di atas, tidak ada jenis obat apa pun yang mampu mengatasi ketulangan yang membandel.

Tips Mengatasi Ketulangan jika Tidak Parah

Mengkonsumsi  ikan mau itu air tawar atau laut memang mengenakan, salah satunya konsumsi ikan bandeng yang bisa diolah dengan berbagai teknik memasak.  

Akan tetapi, ketika Anda ketulangan, awal yang menyenangkan itu dapat berakhir menyengsarakan.  

Tidak hanya membuat Anda merasa kurang nyaman, ketulangan juga dapat mengganggu konsentrasi aktifitas harian Anda.

Tidak ingin berlama-lama larut dalam penderitaan ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ketulangan selain mencoba mengeluarkannya dengan batuk.

Berikut seperti dilansir Healthline:

1. Makan marshmallow Makanan yang kenyal satu ini, ketika dikunya sebelunm Anda telan, akan merubah tekstur mashmallow menjadi lebih lengket, dan memudahkan Anda untuk mengenyahkan tulang yang tersangkut tadi.  

2. Minum olive oil Dengan meneguk dua sendok makan olive oil, Anda dapat melumuri tenggorokan dan tulang itu sendiri, dengan minyak yang licin ini, memantunya lebih mudah melepaskan diri dari tenggorokan.  

3. Roti dengan olesan selai kacang Ya, Anda pastinya sudah dapat membayangkan bagaimana kombinasi keduanya, akan mampu mengatasi permasalahan yang satu ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: