Kapolri Sebut Ada Pergeseran Tren Mudik 2022, Pemudik Lebih Pilih Perjalanan Siang Hari

Kapolri Sebut Ada Pergeseran Tren Mudik 2022, Pemudik Lebih Pilih Perjalanan Siang Hari

Pelabuhan Merak, Banten.--

"Dimana untuk wilayah Jawa dan Sumatera terbagi jalur yang mengarah ke timur kurang lebih 52 persen dan ke arah Sumatera kurang lebih 30 persen," tuturnya

Sementara, berdasarkan data Posko ASDP pada 22 April (H-10) hingga Selasa 26 April 2022 (H-7), tercatat sudah ada 168.512 orang dan 39.406 unit kendaraan yang meninggalkan Pulau Jawa menuju Sumatera melalui Pelabuhan Merak. 

Dari total kendaraan dapat dirinci jumlah roda dua sebanyak 5.347 unit, roda empat sebanyak 19.549 unit, bus sebanyak 1.461 unit dan truk sebanyak 13.049 unit yang telah menyeberang dari Merak ke Bakauheni sejak H-10 hingga H-7. 

Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi menuturkan, pihaknya tetap mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan Kapal Ferry tetap mengatur perjalanan sedini mungkin. 

Ira menyarankan, masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran dari 4 pelabuhan utama yakni Merak-Bakauheni-Ketapang-Gilimanuk, bisa melakukan mudik lebih awal dengan reservasi mandiri melalui aplikasi Ferizy.

"Dan tetap menjaga stamina kesehatan dan kendaraan tetap prima, menerapkan protokol kesehatan secara ketat, serta tetap mewaspadai potensi cuaca buruk," imbaunya 

Ira menambahkan, tentunya menjadi harapan seluruh pihak bahwa perjalanan mudik dengan kapal ferry dalam masa mudik lebaran tahun 2022 ini berjalan lancar, aman, sehat dan selamat. 

"Kami harapkan kerjasama dan pengertian seluruh pengguna jasa agar tetap bersabar dan disiplin dalam mengatur waktu perjalanan," ujarnya

"Karena menjelang puncak arus mudik, volume pemudik dan kendaraan terus meningkat," pungkasnya. (Rikhi Ferdian)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: