News

MDP PBB Bahas Usulan Calon Menteri, Pilkada Serentak 2024, dan Muktamar ke-VI

fin.co.id - 18/05/2024, 16:42 WIB

Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra saat memberikan sambukan di depan kadernya dalam acara MDP.

FIN.CO.ID - DPP Partai Bulan Bintang (PBB) menggelar Musyawarah Dewan Partai (MDP) yang diikuti jajaran pengurus tingkat pusat dan daerah di kantor PBB, Jalan Raya Pasar Minggu, Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu 18 Mei 2024. MDP ini untuk membahas soal pilkada serentak, usulan nama-nama calon menteri, hingga jadwal Muktamar Ke-VI.

BACA JUGA:

Ketua Umum PBB Yusri Ihza Mahendra membuka acara sambil menjelaskan rapat itu penting. Karena, kata dia, partai membutuhkan strategi yang jitu untuk menempatkan kader-kadernya sebagai kepala daerah dan menghadapi pembentukan kabinet guna pemerintahan periode 2024–2029.

“Persoalan ini, persoalan yang cukup besar yang harus kita hadapi bersama. Karena itu baik juga hal-hal semacam ini kita bicarakan dalam Musyawarah Dewan Partai untuk memutuskan hal-hal yang penting untuk kita lakukan,” kata mantan Menteri Hukum dan Perundang-Undangan ini.

Yusril menuturkan, PBB memang sampai pada Pemilu 2024 tidak mendapatkan kursi di DPR RI, karena perolehan suara partai tak berhasil mencapai ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sebesar 4 persen. PBB dalam Pemilu 2024 hanya mendapatkan suara sebesar 0,31 persen.

Oleh karena itu, Yusril mengingatkan kader PBB harus segera menyusun strategi untuk menutup kelemahan itu dengan memperkuat posisi partai di lembaga eksekutif baik di tingkat pusat maupun daerah. Dia meyakini, jika PBB kuat di eksekutif hal itu dapat membantu mendongkrak suara partai untuk pemilihan umum (pemilu) berikutnya.

“Itu berhasil sangat signifikan meningkatkan suara Partai Bulan Bintang di sana,” kata Yusril.

Dengan masuk ke kabinet, kata dia, PBB memiliki kekuatan. Dia juga berharap, pada Pemilu 2029 PBB akan masuk ke Senayan. "Kita akan bertambah besar sehingga memungkinkan Partai Bulan Bintang masuk kembali ke parlemen pada 2029 yang akan datang,” kata Yusril.

Terkait nama-nama kader yang bakal diusulkan ke Prabowo untuk mengisi jabatan menteri, Yusril belum dapat membukanya. Karena masih menunggu hasil rapat.

Walaupun demikian, ada 3–4 nama kader yang bakal diusulkan dari Partai Bulan Bintang manakala mereka diminta untuk menyiapkan nama-nama calon menteri oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bakal resmi menjabat sebagai presiden-wakil presiden periode 2024-2029 setelah mereka dilantik pada 20 Oktober 2024.

“Kalau sekiranya diminta PBB mengajukan calon-calon, kami akan sampaikan, tentunya tidak hanya satu orang ya, pasti tiga sampai empat orang,” kata Yusril yang sudah dua periode memimpin PBB.

Musyawarah Dewan Partai PBB yang berlangsung sejak Jumat 17 Mei 2024 dijadwalkan berakhir pada pukul 22.30 WIB. Dalam acara itu, Yusril turut didampingi jajaran pengurus pusat Partai Bulan Bintang termasuk Sekretaris Jenderal DPP PBB Afriansyah Noor.

BACA JUGA:

Mihardi
Penulis
-->