Tahun 2021, SMF Kucurkan Pembiayaan Perumahan Senilai Rp8,8 Triliun Termasuk Untuk Rumah Subsidi

Tahun 2021, SMF Kucurkan Pembiayaan Perumahan Senilai Rp8,8 Triliun Termasuk Untuk Rumah Subsidi

Ilustrasi - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero)/SMF mendorong pemangku kepentingan seperti BPD dan BP Tapera untuk meningkatkan pembiayaan KPR di daerah--PUPR

Selanjutnya Sukuk Mudharabah PUB I Tahap III sebesar Rp100 miliar, dan Sukuk Mudharabah PUB II Tahap I sebesar Rp100 m ofiliar. Sampai dengan akhir tahun 2021, posisi (outstanding) obligasi SMF mencapai Rp16,20 Triliun.

lebih lanjut hingga akhir 2021, SMF sudah menerbitkan 50 kali penerbitan surat utang dengan jumlah Rp47,42 triliun. Jumlah ini terdiri dari 37 kali penerbitan Obligasi dan Sukuk Mudharabah (penawaran umum) sebesar Rp42,66 triliun. 

Kemudian 12 kali Medium Term Notes (Penawaran terbatas) sebesar Rp4,64 triliun, dan 1 kali penerbitan Surat Berharga komersial sebesar Rp120 miliar.

(BACA JUGA:Pendeta Saifuddin Ajak Menag Yaqut Jadi Pengikut Yesus Kristus: Agar Indonesia Damai)

Terkait transaksi sekuritisasi, sejak tahun 2009 sampai dengan 31 Desember 2021, SMF telah berhasil memfasilitasi 14 kali transaksi sekuritisasi, dengan total nilai akumulatif sebesar Rp12,78 triliun. 

Saat instrumen investasi lain tertekan di tengah wabah pandemi Covid, Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) yang diterbitkan oleh SMF justru berhasil mempertahankan rating idAAA. 

"Kondisi tersebut mencerminkan struktur EBA-SP yang diterbitkan SMF solid meski di tengah tantangan pandemi Covid-19," imbuhnya.

(BACA JUGA:Jatuh di Mandalika, Marc Marquez Alami Gangguan Penglihatan)

Ananta menambahkan bahwa dari seluruh dana yang telah dialirkan, SMF telah membiayai kurang lebih 1,254 juta debitur KPR (termasuk KPR Program FLPP). 

Jumlah ini terbagi atas 84,34 persen wilayah barat, 14,96 persen wilayah tengah dan sisanya sebesar 0,70 persen wilayah timur. 

Terkait dukungan SMF pada Program KPR FLPP, sepanjang tahun 2021 SMF telah berhasil mengalirkan dana pendamping untuk mendukung penyaluran KPR FLPP bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 

"Dana tersebut merupakan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) yang diberikan Pemerintah kepada SMF sebesar Rp2,25 triliun pada tahun 2021," pungkasnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: