Dukung Program KPR Subsidi Untuk MBR, SMF Terbitkan Social Bond Pertama di Indonesia Rp8 Triliun

Dukung Program KPR Subsidi Untuk MBR, SMF Terbitkan Social Bond Pertama di Indonesia Rp8 Triliun

GRHA SMF-Istimewa-

FIN.CO.ID - Special Mission Vehicle (SMV) Kemenkeu, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) berencana menerbitkan social bonds atau obligasi sosial pertama di Indonesia senilai Rp8 triliun, atau setara USD530 juta, serta sukuk musyarakah senilai Rp1,5 triliun atau setara USD100 juta. 

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF, Ananta Wiyogo, dalam ASEAN Capital Market Forum 2023 di Mangupura, Selasa 17 Oktober 2023.

Ananta menjelaskan, penerbitan surat utang tersebut bentuknya adalah obligasi konvensional, yaitu social bonds dan syariah sukuk musyarakah. 

"Nilai maksimum dari penerbitan obligasi konvensional ini adalah Rp8 triliun atau sekitar US$530 juta dan sukuk musyarakah senilai Rp1,5 triliun atau USD100 juta," ungkap Ananta. 

BACA JUGA:

Ananta mengatakan, dana dari penerbitan social bonds dan syariah sukuk musyarakah tersebut 100 persen akan digunakan untuk mendukung program KPR subsidi pemerintah, untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Karena backlog perumahan di Indonesia sudah mencapai 12,7 juta unit," tutur Ananta.  

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK Inarno Djajadi mengatakan SMF menjadi perusahaan pertama yang menerbitkan social bonds di Indonesia.

"Semua peluang kita harus eksplor. Tapi memang dalam ACMF meeting, pembicaraan lebih banyak ke sustainability, green bond, dan sustainability green bond. Kami [OJK] cukup cepat mengeluarkan hal tersebut," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: