Kolaborasi Dengan BSI dan BTN, Nilai Transaksi Sekuritisasi SMF Tahun 2023 Tembus Rp925 Miliar

Kolaborasi Dengan BSI dan BTN, Nilai Transaksi Sekuritisasi SMF Tahun 2023 Tembus Rp925 Miliar

--

FIN.CO.ID - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF tercatat berhasil melakukan sekuritisasi senilai Rp925 miliar pada tahun 2023, dengan menggandeng dua perbankan BUMN, yakni PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk melalui penerbitan EBA/ EBAS (Efek Beragun Aset/ Syariah).

Hal itu disampaikan oleh Direktur Keuangan dan Operasional SMF, Bonai Subiakto, dalam kegiatan media gathering di GRHA SMF Jakarta, Kamis 4 April 2024.

Bonai menjelaskan rincian sekuritisasi yang dilakukan bersama dengan BRIS senilai Rp325 miliar. Sementara itu penerbitan EBA dengan BBTN nilai transaksinya mencapai Rp600 miliar.

Adapun dana yang diraih dari aksi korporasi ini difungsikan untuk mendukung pembiayaan di sektor perumahan, guna mengurangi angka backlog yang masih tinggi.

"Sekuritisasi ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan pasar pembiayaan perumahan di Indonesia untuk mewujudkan kepemilikan rumah yang layak dan terjangkau bagi masyarakat," kata Bonai.

Tanggal efektif dari transaksi sekuritisasi bersama BRIS ini yaitu pada 31 Mei 2023. Sedangkan sekuritisasi bersama BBTN berlaku efektif pada 14 September 2023.

Secara total, akumulasi transaksi sekuritisasi SMF sejak 2009 - 2023 sebanyak 17 kali dengan nominal penerbitan mencapai Rp14,21 triliun.

Kemudian untuk di tahun 2024, SMF masih menjajaki peluang untuk melakukan sekuritisasi aset lanjutan. SMF, kata Bonai, masih mengkaji beberapa peluang potensial dengan beberapa perbankan besar lainnya. SMF masih mengintensifkan komunikasi dengan perbankan calon mitra potensial untuk melakukan sekuritisasi tersebut.

"Kita masih berkoordinasi, mudah - mudahan tahun ini bisa terlaksana kembali. Namun untuk target jumlah dan siapanya belum dapat disampaikan," pungkasnya. (Sigit Nugroho)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Admin

Tentang Penulis

Sumber: