Bantu Tekan Backlog Pemilikan Rumah di Lombok, SMF Gandeng Bank Dinar

Bantu Tekan Backlog Pemilikan Rumah di Lombok, SMF Gandeng Bank Dinar

Pekerja konstruksi tengah membangun rumah subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (dok Erman Subekti)--

SMF - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menjalin kerja sama dengan PT Bank Perekonomian Rakyat Syariah Dinar Ashri atau Bank Dinar dalam mendukung program Pemerintah menekan backlog pemilikan rumah di daerah, khususnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Merujuk kepada ata BPS Susenas 2022, backlog kepemilikan Provinsi NTB mencapai 127 ribu unit atau 8,4 persen dari total rumah tangga di Provinsi NTB.

Kepala Unit Usaha Syariah (UUS) SMF, Leo Khadafi mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari rencana strategis SMF yang sejalan dengan peran dan fungsinya Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan  dalam mendukung upaya pemenuhan hunian baik di sisi supply dan demand. 

“Kali ini kami bermitra dengan Bank Dinar yang merupakan BPRS terbesar di Provinsi NTB untuk memfasilitasi pembiayaan perumahan secara end-to-end dimulai dari pembiayaan bagi developer untuk pembangunan rumah, KPR  Syariah untuk pemilikan rumah, serta renovasi rumah dan pembiayaan mikro terkait perumahan,” ungkap Leo di Jakarta, Jumat 22 September 2023.

Dalam kerja sama tersebut SMF akan menyediakan fasilitas penyaluran pembiayaan perumahan kepada Bank Dinar dengan nilai mencapai hingga Rp 50 miliar. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk memperluas akses pemilikan rumah bagi masyarakat NTB.

“Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung peningkatan penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di daerah, sehingga dapat membantu warga yang membutuhkan dan belum memiliki hunian. Dengan begitu kolaborasi ini diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam menekan backlog pemilikan rumah,” ungkap Leo.


contoh rumah subsidi --

BACA JUGA:

Ia  memaparkan bahwa nantinya masyarakat Lombok dapat mengakses berbagai manfaat yang tersedia dalam fasilitas pembiayaan perumahan ini, mulai dari pembiayaan konstruksi perumahan, pembelian rumah, renovasi rumah, hingga kebutuhan pembuatan sanitasi serta saluran air bersih untuk tempat tinggal warga.

Sinergi SMF dan Bank Dinar tersebut telah direalisasikan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama Uncommitted Facility Line yang ditandatangani langsung oleh Kepala Unit Usaha Syariah (UUS) SMF, Leo Khadafi, Direktur Utama Bank Dinar Mustaen, pada Kamis 14 September 2023 di Mataram.


Penandatanganan perjanjian kerja sama Uncommitted Facility Line antara SMF dengan Bank Dinar, pada Kamis 14 September 2023 di Mataram-SMF-

Direktur Utama Bank Dinar, Mustaen mengatakan bahwa Bank Dinar berkomitmen dalam memberikan perhatian lebih untuk mendukung sektor properti secara masif melalui berbagai program yang diperuntukan baik langsung kepada masyarakat maupun pembiayaan kepada pengembang. 

Selain pembiayaan KPR Syariah, Bank Dinar juga telah meluncurkan Program Pembiayaan Griya Mikro, yang diperuntukan bagi masyarakat yang ingin membeli tanah, membangun rumah hingga renovasi rumah. 

“Kami berharap sinergi ini bisa menjawab kebutuhan serta memfasilitasi masyarakat dalam hal memiliki rumah hunian yang layak dan meningkatkan kualitas masyarakat di wilayah NTB. Semoga kedepannya sinergi antara Bank Dinar dan SMF semakin solid dan membuka potensi pembiayaan yang lebih besar” kata Mustaen.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: