Sumur Binong Bekasi, Salah Satu Sumber Air yang Dibawa Ridwan Kamil ke IKN Nusantara

Sumur Binong Bekasi, Salah Satu Sumber Air yang Dibawa Ridwan Kamil ke IKN Nusantara

Situs Sumur Binong Bekasi yang air dan tanahnya dibawa Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam prosesi penyatuan tanah dan air dari seluruh Provinsi di Titik Nol IKN Nusantara-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

Sebelumnya,  PLT Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Deded Kusmayadi beberapa minggu sebelum prosesi penyatuan air dan tanah di IKN beliau sempat datang ke Sumur Binong Bekasi dan bertemu dengan Madinah sang Juru Kunci, untuk izin mengambil air dari sumur tersebut.

(BACA JUGA:Minyak Goreng Langka di Pasaran, Kapolri Lihat Langsung Produksi Pabrik Migor di Bekasi)

"Memang pada saat itu beliau (Deded) meminta izin ke kami, waktu itu mengambil air izinnya kurang lebih beberapa minggu lalu lah, sekitar jam 7 pagi datangnya," terangnya.

Madinah kurang tau secara jelas mengapa Sumur Binong dipilih sebagai salah satu air dan tanah dari Kota Bekasi untuk disatukan dalam prosesi IKN Nusantara pada saat itu.

Namun yang jelas, Sumur Binong Bekasi dipilih lantaran sumur itu termasuk salah satu sumber mata air yang masih sangat alami.

(BACA JUGA:Curi Burung Warga, Tiga Remaja Diamankan Polisi)

Selain itu pula, sumber air tersebut dikenal sakral oleh masyarakat luas dan benar benar sangat dijaga keasrian lingkungannya, serta kealamian sumber mata airnya oleh peraturan adat istiadat. (Tuahta Simanjuntak)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: