Kemenparekraf Maksimalkan Peran Sarhunta Sebagai Akomodasi Wisatawan di Ajang MotoGP Mandalika

Kemenparekraf Maksimalkan Peran Sarhunta Sebagai Akomodasi Wisatawan di Ajang MotoGP Mandalika

Menparekraf Sandiaga Uno memberikan arahan dalam pelatihan pengelolaan daya tarik wisata-Humas Kemenparekraf-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sarana hunian pariwisata (Sarhunta) menjadi salah satu akomodasi yang disiapkan pemerintah guna mengakomodasi kebutuhan wisatawan selama rangkaian penyelenggaraan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia. 

Sebagai salah satu langkah penyiapan Sarhunta, Kemenparekraf menggelar kegiatan "Pelatihan Tata Kelola Sarhunta dalam Mendukung Perhelatan MotoGP Mandalika". 

Pelatihan berlangsung di Poltekpar Lombok dan diikuti puluhan pengelola sarhunta yang tersebar di berbagai wilayah di NTB. Mereka mendapatkan berbagai materi tentang hospitality dan pengelolaan kamar, seperti membuat menu sarapan serta merapikan tempat tidur yang sesuai dengan standardisasi layanan wisatawan. 

(BACA JUGA:MotoGP Mandalika: Hasil Tes Pramusim Hari Pertama, Pol Espargaro Tercepat)

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah dalam menghadirkan kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu yang menjawab kebutuhan masyarakat. 

"Pelatihan ini sangat dibutuhkan karena Sarhunta akan dipenuhi tamu yang akan menyaksikan MotoGP," kata Sandiaga Uno da;lam keterangannya, Jumat 11 Februari 2022.

Kemenparekraf dikatakannya ingin mengoptimalkan fungsi sarhunta yang selama ini kerap hanya dijadikan alternatif terakhir akomodasi oleh wisatawan. 

(BACA JUGA:Hari Pertama Tes MotoGP Mandalika, Aleix Espargaro Tidak Puas dengan Kondisi Lintasan)

"Saya justru ingin wisatawan merasakan tinggal di sarhunta. Bahwa sarhunta memberikan pengalaman lebih bagi wisatawan namun tetap menghadirkan standar layanan yang baik bagi wisatawan," kata Sandiaga. 

Seperti handuk dan sprei berwarna putih, penyiapan tempat tidur yang baik. Tidak perlu bintang lima, tapi memenuhi standar CHSE. 

"Sarhunta jadi wujud pariwisata berkeadilan karena selama ini pariwisata identik hanya untuk yang beruang, padahal kita ingin pariwisata bisa sentuh masyarakat lainnya," kata Sandiaga. 

(BACA JUGA:Asyik Nih! PUPR Siapkan Rusun Penginapan untuk Penonton MotoGP Mandalika)

"Saya ajak peserta dan Poltekpar Lombok untuk terus giat dan semangat dukung MotoGP 2022. Mari bangkit dan jadikan momentum ini kita gunakan untuk buka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya," pungkas Sandiaga. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: