Wajib Tahu! Kebiasaan Ini Bisa Memicu Penyakit Diabetes

Wajib Tahu! Kebiasaan Ini Bisa Memicu Penyakit Diabetes

Ilustrasi "ngemil" makanan berbahan dasar terigu-Photo by Anna Pyshniuk -Pexels

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Banyak yang belum menyadari, kebiasaan makan ternyata sangat mempengaruhi kesehatan manusia. Salah satu penyakit yang paling sering terjadi akibat kebiasaan makan yang salah yaitu diabetes. 

Diabetes biasanya terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah cukup. Hal tersebut yang kemudian menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi.

Pemicu penyakit diabetes biasanya adalah karena seseorang dominan mengkonsumsi makanan manis. Namun demikian, ada hal lain yang berupa kebiasaan dan membuat kondisi itu memicu penyakit diabetes. 

Berikut Fin.co.id rangkum kebiasaan makan yang ternyata bisa memicu penyakit diabetes

1. Makan di Waktu Larut Malam

Sebagian orang mungkin menghindari makan terlalu malam karena diet. Beberapa orang juga tidak menyadari bahwa makan terlalu malam bisa menyebabkan diabetes.

Makan terlalu malam dapat menyebabkan kadar glukosa darah meningkat lebih dari biasanya di pagi hari. Kadar glukosa bahkan bisa melebihi 80-130 mg atau melebihi ambang batas normal.

.Jika kebetulan anda memang terlalu lapar dan harus memakan sesuatu, usahakan makan dengan porsi kecil saja dan menghindari makanan yang banyak mengandung glukosa. 

Alangkah baiknya jika anda mengkonsumsi buah-buahan sebagai pengganjal rasa lapar dan baru makan secara normal pada esok hari. 

2. Terlalu Sering Ngemil Panganan berbahan Dasar Terigu

Aneka camilan berbahan dasar tepung terigu seperti roti tawar, pasta, biskuit, tempe mendoan, cilok hingga empek-empek, ternyata bisa meningkatkan resistensi insulin.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: