Harga Bawang Merah Melambung Tinggi Masih Berpotensi Terus Naik

Harga Bawang Merah Melambung Tinggi Masih Berpotensi Terus Naik

Harga Bawang Merah Melambung Tinggi Masih Berpotensi Terus Naik--

fin.co.id - Kenaikan harga bahan pangan kembali terjadi di sejumlah pasar tradisional serta bisnis ritel dagangan setempat. 

Sejumlah bahan pangan seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai merah mengalami kenaikan harga drastis di pasaran.

Berdasarkan pantauan fin.co.id pada Selasa 23 April 2024 di Pasar Tradisional Reni Jaya Lama, Depok, harga harga bawang merah yang sebelumnya berkisar sekitar Rp46.000 per-kilogramnya kini sudah naik harga hingga mencapai harga Rp 74.830. 
Sementara menurut data panel Bapanas, harga bawang putih kini juga naik harga dari Rp42.430 menjadi Rp44.720.

Menurut penuturan Nur, salah seorang penjual di Pasar Tradisional Reni Jaya Lama, harga bawang merah dan bawang putih sudah naik sejak dua hari yang lalu. 

BACA JUGA:Situasi Pascaharga Gula Pasir Naik, Pasokan Langka dan Penjualan Dibatasi

Menurut Nur, sampai sekarang harga masih belum stabil dan kemungkinan akan terus naik turun untuk beberapa waktu ke depan.

"Sekarang bawang merah sekilo udah Rp46 ribu kalo seperempat nyampe Rp12 ribu, gak tau kalo di tempat-tempat lain. Dari kemarin naik turun terus, jadi masih gak pasti," ujar Nur.

Naik turunnya harga bahan pangan ini tentu menimbulkan kerisauan dalam diri masyarakat.

Menurut Syifa, seorang pembeli yang ditemui di Pasar Tradisional Reni Jaya Lama, mengungkapkan bahwa dirinya khawatir akan ketidakstabilan harga bahan pangan ini.

BACA JUGA:Usai Pemilu, Harga Bawang Merah Naik Rp35 Ribu per Kilo

"Dari kemarin naik turun terus, bahkan ada yang sampe Rp100 ribu per kilogram bawang merah. Sekarang sih memang naiknya gak terlalu tinggi, tapi kan kita gak tau ini besok harganya masih sama atau nggak, " Jelas Syifa.

Meskipun begitu, sejumlah bahan pangan juga mengalami penurunan harga. Berdasarkan data panel Bapanas, harga daging sapi murni kini berkisar sekitar Rp 134.910 setelah sebelumnya berada pada harga Rp 139.640. 

Selain daging sapi murni, daging ayam ras kini juga turun harga menjadi Rp 40.990 setelah sebelumnya berada pada harga Rp 42.000.

- Bianca Chairunisa -

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: