Begini Jawaban Ucapan Taqobbalallahu Minna Wa Minkum

Begini Jawaban Ucapan Taqobbalallahu Minna Wa Minkum

Begini Jawaban Ucapan Taqobbalallahu Minna Wa Minkum--Pinters

FIN.CO.ID- Ucapan selamat lebaran Idul Fitri merupakan ucapan yang umum diberikan saat hari raya. Ada dua ucapan yang sering dipakai di Indonesia yakni Minal Aidzin wal faizin dan Taqobbalallahu minna wa minkum. 

Menurut beberapa sumber sahih, dua ucapan itu boleh-boleh saja disampaikan. Sebab dua ucapan itu mengandung doa kebaikan antar sesama. 

Namun, yang sering diucapkan oleh para sahabat Rasulullah di zaman dulu, adalah ucapan Taqobbalallahu minna wa minkum” artinya: Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian. 

فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك . قال الحافظ : إسناده حسن .

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘ied (Idul Fithri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, “Taqobbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.

BACA JUGA:

Cara Menjawab Taqobbalallahu minna wa minkum.

Allah berfirman,

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا

“Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal ….” (Q.s. An-Nisa’:86)

Beberapa jawaban dari pada ulama menjawab Taqabbalallahu minna wa minkum yakni menjawab dengan jawaban yang sama, yakni: Taqabbalallahu minna wa minkum.

Dari Adham, mantan budak Umar bin Abdul Aziz; beliau mengatakan, “Ketika hari raya, kami menyampaikan ucapan kepada Umar bin Abdul Aziz, ‘Taqabbalallahu minna wa minkum, wahai Amirul Mukminin.’ Maka beliau pun menjawab dengan ucapan yang sama dan beliau tidak mengingkarinya.” (H.r. Al-Baihaqi). 

BACA JUGA:

Dari Syu’bah bin Al-Hajjaj; beliau mengatakan, “Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian beliau jawab dengan ucapan yang sama.” (H.r. Ad-Daruquthni dalam Ad-Du’a). (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: