BBPJN Banten Rampungkan Preservasi Jalan Daerah 4,7 Km, Akses Utama Pemudik Roda Dua ke Pelabuhan Ciwandan

BBPJN Banten Rampungkan Preservasi Jalan Daerah 4,7 Km, Akses Utama Pemudik Roda Dua ke Pelabuhan Ciwandan

Kepala BBPJN Banten, Wahyu Supriyo Winurseto--

FIN.CO.ID - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Banten telah menyelesaikan preservasi jalan Aat-Rusli sepanjang 4,7 kilometer (km) di Kota Cilegon, yang menjadi akses utama pemudik menuju Pelabuhan Ciwandan.

Sebagaimana diketahui, Pelabuhan Ciwandan pada tahun 2024 ini difungsikan untuk pelabuhan utama bagi para pemudik yang menggunakan sepeda motor, untuk menyeberang menuju Bakauheni Lampung, Pulau Sumatera.

Kepala BBPJN Banten, Wahyu Supriyo Winurseto mengatakan preservasi jalan Aat-Rusli sepanjang 4,7 km tersebut merupakan bagian dari perbaikan jalan daerah melalui Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah atau IJD, yang menggunakan pagu anggaran tahun 2023.

"Ruas jalan tersebut menghabiskan anggaran penanganan sebesar Rp 92 miliar," ungkap Wahyu, ditemui di kawasan Pelabihan Merak Banten, dalam kegiatan Presstour Forum Sahabat Infrastruktur, Selasa 26 Maret 2024.

Wahyu memastikan, ruas jalan tersebut dalam kondisi kemantapan yang baik dan siap diandalkan sebagai jalur akses utama pemudik menuju Pelabuhan Ciwandan.

"Jadi di sini waktu itu kondisi jalannya rusak karena ada kendaraan berat. Di sini kita melakukan pekerjaan rigid total sepanjang 4,7 kilometer," ungkap Wahyu.

Selain pekerjaan rigid, perbaikan jalan tersebut juga menyentuh perbaikan pedestrian serta drainase jalan.

"Ruas ini merupakan salah satu ruas yang penting dalam menyambut arus mudik Lebaran nanti," tuturnya.

Untuk diketahui, Pelabuhan Ciwandan sendiri  dioperasikan untuk memfasilitasi penyebrangan pemudik yang membawa kendaraan roda dua. Adaoun pada tahun 2023, Provinsi Banten melalui BBPJ Banten mendapatkan anggaran IJD senilai Rp 178 miliar untuk memperbaiki tujuh ruas jalan daerah, termasuk Ruas Aat-Rusli. (Sigit Nugroho)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Admin

Tentang Penulis

Sumber: