Hari Ini, 6 Wilayah di Banten Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

Hari Ini, 6 Wilayah di Banten Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

ilustrasi hujan deras--

FIN.CO.IDHujan lebat disertai angin kencang, dan petir bakal melanda enam wilayah di Provinsi Banten, Selasa 6 Februari 2024. Enam wilayah itu yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Cilegon.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Banten, Tatang, di Serang, hari ini.

BACA JUGA:

Tatang mengatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan petir dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, pergerakan tanah, angin puting beliung, dan gelombang tinggi.

Maka itu, kata dia, BMKG mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan cuaca buruk di enam daerah di wilayah Banten tersebut untuk mengurangi risiko kebencanaan. Sedangkan, untuk Kota Tangerang dan Kota Serang relatif aman dari ancaman cuaca buruk tersebut.

Pada pagi dan siang hari ini di wilayah Banten dan sekitarnya berpotensi berawan juga hujan intensitas ringan dan sedang dengan suhu udara 23-32 derajat celcius.

Tingkat kelembapan udara 60-95 persen dan angin bergerak dari arah barat daya hingga barat dengan kecepatan 05-30 kilometer per jam.

BMKG mengeluarkan peringatan dini dan kewaspadaan terhadap keselamatan pelaku pelayaran. Khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudera Hindia, dengan tinggi gelombang 1,25 sampai 2,50 meter (sedang) di pesisir Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Menurut dia, penyeberangan Pelabuhan Merak (Banten)-Bakauheni (Lampung) pada hari ini relatif normal dan aman dengan tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian selatan 1,25 meter (rendah).

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: