Kemenag: Idul Fitri Diprediksi Jatuh 10 April 2024

Kemenag: Idul Fitri Diprediksi Jatuh 10 April 2024

Ilustrasi Lebaran 2024, Image Ini Dibuat Menggunakan Teknologi AI Copilot--

FIN.CO.ID - Hari Raya Idul fitri 1445 Hijriah diperkirakan jatuh pada Rabu, 10 April 2024. Hal ini berdasarkan kriteria visibilitas hilal yang telah disetujui para Menteri Agama di Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Singapura (MABIMS).

"Berdasarkan kriteria MABIMS, telah disepakati hal itu memenuhi kriteria visibilitas hilal, imkanur ru'yat. Yakni setinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat," ujar Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki, Selasa, 26 Maret 2024.

Dia memastikan, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh Satuan Kerja (Satker) Kementerian Agama (Kemenag) RI yang berada di daerah-daerah. 

BACA JUGA:

Hal ini untuk mempersiapkan tempat pelaksanaan salat Idul fitri 1445 Hijriah, termasuk di sejumlah daerah yang sedang dilanda banjir. 

Sehingga, berbagai upaya dapat dilakukan untuk mengantisipasi daerah yang masih mengalami bencana banjir pada 1 Syawal 1445 Hijriah. Dia berharap, Idul fitri 1445 Hijriah di Indonesia dapat dirayakan pada tanggal yang sama.

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin mengatakan, akan adanya kemungkinan persamaan pada pelaksanaan Idul fitri 1445 Hijriah. Baik versi pemerintah maupun organisasi masyarakat.

"Saat sidang Isbat 9 April 2024 akan diputuskan bahwa Idul fitri jatuh pada 10 April 2024. Itu sama dengan kriteria wujudul hilal yang sudah dilakukan salah satu ormas, sehingga nanti Idul fitri akan seragam pada 10 April 2024," papar Thomas.

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: