Anies Baswedan Nyatakan Siap Gugat Hasil Pilpres 2024 ke MK Meski Sadar Kemungkinan Kecil Dapat Keadilan

Anies Baswedan Nyatakan Siap Gugat Hasil Pilpres 2024 ke MK Meski Sadar Kemungkinan Kecil Dapat Keadilan

Anies Baswedan saat dialog dengan KADIN--Instagram

FIN.CO.ID- Anies Baswedan menyatakan akan menempuh jalur hukum di Mahkamah Konstitusi terkait kecurangan Pemiliah Presiden 2024.

Hal itu ditegaskan Anies usai Komisi Pemilihan Umum mengumumkan hasil rekapitulasi Pilpres tingkat nasional pada Rabu 30 Maret 2024.

Anies menyebut, Tim Hukum Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (THN AMIN) yang akan membawa hasil hasil final rekapitulasi Pilpres 2024 itu ke MK. 

Menurutnya, langkah itu harus tetap ditempuh untuk menyelamatkan demokrasi.

BACA JUGA:

"Kita dukung langkah tim hukum, dan biarlah segala temuan yang disampaikan nanti menjadi rekam sejarah yang tercatat secara resmi dalam lembaran risalah-risalah Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia,“ ajak Anies dalam videonya, Kamis, 21 Maret 2024.

Meskipun, kata Anies, pihaknya mendapat banyak masukan bahwa kecil kemungkinan mendapat keadilan.

“Walaupun, kami sadar kita ini dalam situasi yang tidak normal banyak yang menyampaikan kepada kami bahwa kemungkinan untuk bisa mendapatkan keadilan itu kemungkinannya sangat kecil,” ujar Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan, langkah hukum harus ditempuh agar penyelenggaraan pemilu yang buruk tak berlanjut.

Sebab, kontestasi elektoral juga bakal berlanjut pada gelaran pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun ini.

“Karena kita ingin agar pengalaman ini nantinya tidak menular, tidak menular kemana? tidak menular ke pemilihan pemilihan-pemilihan berikutnya,” ucap Anies.

BACA JUGA:

“Baik Pilpres nanti, akan ada ratusan pilkada, akan ada pileg tingkat satu tingkat dua yang tidak boleh mengalami yang pernah kita saksikan sama-sama,” imbuh dia.

Sebelumnya, Hasil rekapitulasi suara sah yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara nasional menyatakan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menang Pilpres 2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: